Model Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menigkatkan Kinerja Guru Produktif di Smkn 1 Kota Bima

  • Yan Septio Bintoro Andani Universitas Negeri semarang
  • Arief Yulianto Universitas Negeri semarang
  • Murwatiningsih Murwatiningsih Universitas Negeri semarang

Abstract

Pengembangan model supervisi klinis berbasis teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu model supervisi klinis dengan menggunakan alat bantu media komunikasi menggunakan whatapp dan rekaman video mengajar guru. Tujuannya adalah menganalisis pelaksanaan supervisi klinis saat ini,mengembangkan model,dan menganalis efektifitas model. Penelitian menggunakan metode Research and Development. Studi pendahuluan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan observasi. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi dengan menggunakan lembar peniliaan. Tahap evaluasi menggunakan one grup pretest-posttest design untuk mengetahui efektifitas model. Supervisi klinis yang dilakukan pengawas sekolah saat ini ditemukan beberapa tantangan: (1) guru merasa tidak nyaman bila di observasi kelas; (2) jumlah pengawas produktif tidak sebanding dengan jumlah guru binaan; (3) komunikasi guru dan pengawas hanya terbatas pada saat kunjungan pengawas. Berdasarkan penelitian pendahuluan dikembangkan sebuah model supervisi klinis berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Model hipotetik tersebut divalidasi oleh ahli dan menjadi model yang valid dan selanjutnya dilakukan uji coba terbatas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model supervisi klinis saat ini masih kurang efektif; (2) model yang supervisi klinis yang dibutuhkan saat ini adalah berbasis TIK; (3) model yang dikembangkan efektif meningkatkan kinerja guru. Saran model ini tidak hanya diujicoba pada skala terbatas dan tidak hanya guru produktif saja tetapi bisa di uji coba skala luas pada kelompok guru mata pelajaran yang lainnya.

Development of clinical supervision model based on information and communication technology is a clinical supervision model by using whatapp and video recording as a communication media in teaching learning process. This research purpose to analyze the current implementation of clinical supervision, the developing  of  models, and analyze the effectiveness of the model. This  research have to use Research and Development  method. Introduction studies using by qualitative and quantitative approach. Collection data  are interview, questionnaire and observation. The experts and practitioners were involved to validatea asessmen sheet in development step. One group pretest-posttest was conducted in evaluation step to determine the model effectiveness. The introduction studies shows that: (1) the teacher feels uncomfortable on academic supervision conducted by school supervisor; (2) the supervisors amount less the teacher amount (3)communication between teacher and supervisors happened only during supervisor visits. Based on these facts, the researcher   tends to develop the clinical supervision model based on information and communication technology. The hypothetical model is validated by an expert and becomes a valid model and then performed a limited trial. The conclusions of this study are: (1) the current model of clinical supervision is still less effective; (2) the model of clinical supervision required today is ICT-based; (3) the model developed effectively improves teacher performance. The suggestion of this model is not only tested on limited scales and not only productive teachers but can be tested on a large scale in other subject teachers groups

Published
2018-04-12
How to Cite
Septio Bintoro Andani, Y., Yulianto, A., & Murwatiningsih, M. (2018). Model Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menigkatkan Kinerja Guru Produktif di Smkn 1 Kota Bima. Educational Management, 6(2), 163-169. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/22782
Section
Articles