-
Nelly Ivva Ruhaina
PAUD Latifah 2, Semarang, Indonesia
-
Samsudi Samsudi
Universitas Negeri Semarang
-
Amin Yusuf
Universitas Negeri Semarang
Abstract
A holistic human is indicated by the growth of all development aspects. If the stimulation of early age growth and development is not optimal, it will influence the unpreparedness of entering the next education and the incomplete use of all children's competencies. The aims of this study are to deeply describe and analyze the planning, the implementation, the supervision and the evaluation as well as the implementation of character-based holistic education program in early childhood education (PAUD) Anak Cerdas Ungaran. This research used qualitative research method with case study design. The data collection techniques used in this study namely, observation, in-depth interview, and documentation. The research subjects include in this study: managers, coordinators, teachers, character coordinators, parents, students. To ensure the validity of the data this research used triangulation technique on the sources, the methods, and the theories. Data analysis was done through data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The results showed that the planning program was based on the results of the previous year's evaluation, the implementation program was carried out through the division of teacher tasks as coordinator such as character, human resources, public relation and partnership, learning and curriculum, as well as those in charge of activities determined at the beginning of the year. The supervision was carried out during learning and teaching activities and at the end of the activities directly or in a written report. The evaluation was carried out at the end of the activities’ program by the teacher with the principal, each trimester and semester by the teacher, the principal and the manager then the final year evaluation was carried out with the coach and the expert team. The implementation program based on the Curriculum 13 PAUD combined with 9 character pillars during one school year through the several services, namely education, care, health, and protection.
Author Biographies
Samsudi Samsudi, Universitas Negeri Semarang
Manusia yang holistik diindikasikan dengan pertumbuhan dan perkembangan keseluruhan aspek perkembangan. Tidak optimalnya simulasi tumbuh kembang usia dini berdampak pada ketidak siapan memasuki pendidikan lanjut dan tidak sempurnanya pemanfaatan seluruh kompetensi anak. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam perencanaan, pelaksanaan, supervisi dan evaluasi serta implementasi program pendidikan holistik berbasis karakter di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Subyek penelitian meliputi: Pengelola, Koordinator, Guru, Koordinator Karakter, Orang Tua, Peserta Didik. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program berdasarkan hasil evaluasi tahun sebelumnya, pelaksanaan program dilakukan melalui pembagian tugas guru sebagai koordinator antara lain karakter, SDM, humas dan kemitraan, kurikulum dan pembelajaran, juga penanggung jawab kegiatan yang ditentukan di awal tahun. Supervisi dilakukan pada saat KBM dan berakhirnya kegiatan secara langsung maupun laporan tertulis. Evaluasi dilakukan setiap berakhirnya program kegiatan oleh guru bersama kepala sekolah, setiap trimester dan semester oleh guru, kepala sekolah dan pengelola kemudian evaluasi akhir tahun dilakukan bersama Pembina dan tim ahli. Implementasi program mengacu pada Kurikulum 13 PAUD dipadukan dengan 9 pilar karakter selama satu tahun ajaran melalui layanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan, perlindungan.
Amin Yusuf, Universitas Negeri Semarang
Manusia yang holistik diindikasikan dengan pertumbuhan dan perkembangan keseluruhan aspek perkembangan. Tidak optimalnya simulasi tumbuh kembang usia dini berdampak pada ketidak siapan memasuki pendidikan lanjut dan tidak sempurnanya pemanfaatan seluruh kompetensi anak. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam perencanaan, pelaksanaan, supervisi dan evaluasi serta implementasi program pendidikan holistik berbasis karakter di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Subyek penelitian meliputi: Pengelola, Koordinator, Guru, Koordinator Karakter, Orang Tua, Peserta Didik. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program berdasarkan hasil evaluasi tahun sebelumnya, pelaksanaan program dilakukan melalui pembagian tugas guru sebagai koordinator antara lain karakter, SDM, humas dan kemitraan, kurikulum dan pembelajaran, juga penanggung jawab kegiatan yang ditentukan di awal tahun. Supervisi dilakukan pada saat KBM dan berakhirnya kegiatan secara langsung maupun laporan tertulis. Evaluasi dilakukan setiap berakhirnya program kegiatan oleh guru bersama kepala sekolah, setiap trimester dan semester oleh guru, kepala sekolah dan pengelola kemudian evaluasi akhir tahun dilakukan bersama Pembina dan tim ahli. Implementasi program mengacu pada Kurikulum 13 PAUD dipadukan dengan 9 pilar karakter selama satu tahun ajaran melalui layanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan, perlindungan.