ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGAWAS SMP/SMA/SMK DI KABUPATEN DEMAK DAN GROBOGAN

  • Achmad Faidhani Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Khomsun Nurhalim Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Widiyanto Widiyanto Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Supervisor’s Performance, Competence, Organization Culture, Motivation

Abstract

Peningkatan kualitas kinerja pengawas sekolah dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi pengawas sekolah, budaya organisasi dan motivasi pengawas sekolah. Oleh karena itu masalah pokok dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kompetensi pengawas sekolah, budaya organisasi dan motivasi pengawas sekolah terhadap kinerja pengawas. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan pendekatan deskriptif analitik. Penelitian ini adalah penelitian populasi, yaitu dilakukan terhadap pengawas sekolah SMP/SMA/SMK di Kabupaten Demak dan Grobogan sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket skala lima kategori Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan ganda.
Peningkatan kualitas kinerja pengawas sekolah dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi pengawas sekolah, budaya organisasi dan motivasi pengawas sekolah. Oleh karena itu masalah pokok dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kompetensi pengawas sekolah, budaya organisasi dan motivasi pengawas sekolah terhadap kinerja pengawas. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pengawas sekolah, budaya organisasi dan motivasi pengawas sekolah terhadap kinerja pengawas sekolah.

Improving the quality of supervisor’s performance can be done by improving the competence of the supervisor, organizational culture and motivation of supervisor. Therefore, the central issue in this study is how much influence the school supervisor competencies, organizational culture and motivation towards instructional supervision conducted by supervisor. This study belongs to the kind of quantitative research using the survey method and descriptive analytic approach. This research is the study population, which made the school superintendent SMP / SMA / SMK Demak and Grobogan in as many as 34 people. The result of research description showed that for the data of supervision by supervisor has high category and tend to be very high category and so does supervisor’s competence, organization culture and supervisor’s motivation. The result of the research has also been able to confirm the precious theories and findings that there is significant relationship among supervisor’s competence, organization culture, and supervisor’s motivation toward supervisor’s performance. Furthermore, these findings support the theories and the previous research findings.

References

Ekosusilo, Madyo. 2003. Supervisi Pengajaran dalam latar budaya Jawa: Studi Kasus Pembinaan Guru SMA di Kraton Surakarta. Sukoharjo: Univet

Bantara Press.

Rivai, V., Murni. 2009. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sahertian, P.A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, PA., dan Mataheru, F. 1985. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

How to Cite
Faidhani, A., Nurhalim, K., & Widiyanto, W. (1). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PENGAWAS SMP/SMA/SMK DI KABUPATEN DEMAK DAN GROBOGAN. Educational Management, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/4351
Section
Articles