PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS BERBASIS GURU SENIOR PADA GURU TIK SMA KOTA SEMARANG

  • Ernawati Ernawati Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang,
Keywords: supervisor, classroom visitation, senior teacher

Abstract

Tugas pengawas sekolah adalah melakukan pembinaan kemampuan profesional guru melalui kegiatan supervisi akademik. Kegiatan supervisi akademik salah satunya ditempuh dengan melaksanakan supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas berbasis guru senior bagi guru TIK di kota Semarang. Dari penelitian secara kualitatif dan kuantitaif dengan mengambil data dengan wawancara dan angket, diperoleh model faktual, di lanjutkan dengan medisain model, setelah divalidasi diperoleh model hipotetik yang kemudian dilakukan uji terbatas diperoleh hasil akhir yaitu model final supervisi kunjungan kelas dengan guru senior. Supervisi kunjungan kelas dengan guru senior diharapkan dapat memberikan solusi dalam praktik sehari-hari yang tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh kepala sekolah maupun pengawas.Model yang dikembangkan menitik beratkan pada supervisor yang memiliki latar belakang mata pelajaran TIK. Validasi model menggunakan teknik Delphi, yang dilakukan oleh ahli dibidangnya. Hasil final berupa panduan model supervisi kunjungan kelas dengan guru senior dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan kontroling.

 

The task is a school superintendent shall develop teachers’ professional ability through academic supervision. One academic supervision activities pursued by implementing supervisory class visits. This study aims to develop a model of academic supervision by a technique based class visits senior teacher for ICT teachers in the city of Semarang. Of qualitative and quantitative research with retrieving data with interviews and questionnaires, the model obtained factual, medisain proceed with the model, once validated hypothetical model is obtained which is then conducted a limited test of the final result is obtained final model class supervised visits with senior teachers.Supervision of classroom visits by senior teachers are expected to provide solutions to everyday practice that can not be fully implemented by the principal or superintendent.Model developed focuses on supervisor who has a background of ICT subjects.Validation of the model using the Delphi technique, which is done by experts in their field. Final results of a model of supervision guide classroom visits by senior teacher with the stages of planning, implementation and kontroling

References

Anton De Grauwe. 2008. School supervision: a tool for

standardization or for equity. Draft paper presented

to the symposium on “Directions in educational

planningâ€, IIEP, 3-4 July. Unesco. www.iiep.

unesco.org/.../ADeGrauwe. diunduh tanggal 17

Oktober 2013

Departemen Pendidikan Nasional . 2010. Supervisi Akademik,

Materi Pelatihan Penguatan KemampuanKepala

Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional . 2011. Buku Kerja

Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.bKementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal

Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga

Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian

Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta.

Lantip,D & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta

: Gava Media

Lilian Chipo Mpofu. 2007. Perception Of Classrooms

Supervision By Secondary School Teachers In The

Harare Region. Tshwane University Of Technology.

Pretoria. http://www.sputtr.com/mpofu.

diunduh tanggal 2 Nopember 2013

Made Pidarta. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual.

Jakarta: Rineka Cipta.

Matthew B Miles, A. Michael Huberman. 1994. Qualitative

Data Analysis, Sage Publications. California

Nana Sudjana. 2011. Supervisi Pendidikan konsep dan

Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Jakarta :

Binamitra- Publishing

Nana Sudjana. 2012. Pengawas dan Kepengawasan. Jakarta

: Binamitra- Publishing

Ni Nengah Widyani. 2011. Teknik Supervisi Kunjungan

Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan

dan Profesionalisme Guru SD 3 DAN 10 Kesiman

Denpasar. Jurnal Sains dan Teknologi Vol. 11

No. 1 Agustus 2011, Widyatech. diunduh tanggal

Nopember 2013

Oredein Afolakemi O and Oloyede David O. 2007. Supervision

and Quality of Teaching Personnel Effectson

Students’ Academic Performance. Educational

Research and Review Vol. 2 (3), pp. 032-035.

Institute of Education, Olabisi Onabanjo University,

Ago-Iwoye, Ogun State, Nigeria http://

www.academicjournals.org. diunduh tanggal 3

Nopember 2013

Peter Sheal. 1989. Classroom observation: training

the observers. ELT Journal Volume

/2 April 1989. Oxford University Press.

http://203.72.145.166/ELT/files/43-2-2. diunduh

tanggal 11 Nopember 2013.

Rachman, Maman .2011.Metode Penelitian Pendidikan

Moral dalam Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,

campuran, Tindakan, dan Pengembangan. Semarang:

UNNES Press

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran.

Bandung : Alfabeta

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi

Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber

Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta

Sailesh Sharma, Marohaini Yusoff, Sathiamoorthy

Kannan, and Suria Binti Baba. 2011. Concerns

of Teachers and Principals on Instructional Supervision

in Three Asian Countries. International Journal

of Social Science and Humanity, Vol. 1,

No. 3. diunduh tanggal 28 Oktober 2013.

Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang

: UNNES Press

Sudjana, Nana . 2011. Supervisi Pendidikan konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Jakarta : Binamitra-

Publishing

Sugiyono.2012. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Timothy J. Devlin. 2013. The Evolving Classroom: A

Study of Traditional and Technology-Based Instruction

in a STEM Classroom. Journal of Technology

Education. Vol. 25 No. 1, Fall 2013 University

Indianapolis.

scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTE/.../pdf/devlin. diunduh

tanggal 8 Nopember 2013.

How to Cite
Ernawati, E. (1). PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS BERBASIS GURU SENIOR PADA GURU TIK SMA KOTA SEMARANG. Educational Management, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/4356
Section
Articles