MODEL PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN INTEGRATED TECHNOLOGY-BASED TRAINING (ITBT) GURU SMK KOTA SEMARANG

  • Hardo Sujatmiko Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Training ITBT, Learning media, Android

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan dan kevalidan model pelatihan media pembelajaran dengan Integrated Technology-Based Training (ITBT) Guru MGMP TIK SMK Kota Semarang dalam peningkatan kompetensi pedagogik membuat media pembelajaran berbasis Android. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan teknik pengumpulan data; observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji coba model pelatihan menggunakan Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistic nonparametrik yaitu uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji diperoleh (1) keefektifan model yang ditinjau dari 5 aspek pelatihan yaitu (1) aspek model pelatihan, (2) aspek program pelatihan, (3) aspek bahan ajar pelatihan, (4) aspek instruktur pelatihan dan (5) aspek sarana prasarana pelatihan menunjukkan bahwa model ITBT dalam kategori sangat baik, (2) keefektifan model dengan membandingkan antara hasil pretest dan posttest pada kompetensi membuat media pembelajaran berbasis Android, menunjukkan hasil yang signifikan, ini berarti terdapat perubahan atau peningkatan kompetensi peserta setelah diberikan pelatihan dengan model ITBT.Validasi model ITBT dilakukan oleh ahli dan praktisi dengan skor 43 dari 50 masuk dalam kategori Sangat Baik sehingga disimpulkan bahwa model pelatihan media pembelajaran dengan Integrated Technology-Based Training (ITBT) efektif dan valid dalam peningkatan kompetensi pedagogik membuat media pembelajaran berbasis Android guru MGMP TIK SMK Kota Semarang.

 

The purpose of this study is to find out the effectivity and validity of training model of learning media using ITBT for IT teacher vocasional school to improve paedagogic competence in creating Android-Based leaning media. The method of this study is R n D approch, data is collected by observation, documentation and interview. The test of this training model is using pre experimental design with one group pre test – post test design. Data is analyzed using nonparametric statistic analysis wilcoxon match pairs test. The test result is the effectivity of the model is analyzed from 5 aspects of training, namely training model, training program, training modul, instructur and tool or infrastructur; it indicates that ITBT model is in a good category. the effectivity of the model by comparing the result of pre test and post test in creating Android-based learning media shows a significant result. Validity ITBT model is carried out by experts and practioners with the score 43/50, categorized very good, means that the training participants get some improvement and concluded that the training model of learning media using ITBT effective and valid to improve paedagogic competence to create Android-based learning media for IT teachers of Vocational School.

References

Borg, W.R dan M.D.Gall. 1989. EducationalResearch.

Pinancing. New York.

Fraenkel, J.R.1993. How To Design and Evaluate Research

in Education. McGraw-Hill. Singapura

Kasali, Rhenald. (2013). Tantangan dunia pendidikan Indonesia

dalam abad 21. Materi merubah maidset

dalam kurikulum 2013. Rumah Perubahan.

Kruse & Keil. 2000. Technology-Based Training, ebook,

publisher johnWiley & Sons, Inc.(US)

Sugiyono. 2001. Statistik Nonparametrik untuk Penelitian.

Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan 9. CV

Alfabeta. Bandung. Susieni, A. 2003. Studi

Kelayakan Bisnis. Cetakan 2. Penerbit Andi.

Yogyakarta.

The Finance Project. 2006. Teacher Professional Development.

Tersedia on-line:https://www.google.

com/#q=Teacher+Professional+Developme

nt+The+Finance+Project Tanggal akses : 24

Januari 2014.

How to Cite
Sujatmiko, H. (1). MODEL PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN INTEGRATED TECHNOLOGY-BASED TRAINING (ITBT) GURU SMK KOTA SEMARANG. Educational Management, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/4359
Section
Articles