PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP KEEFEKTIFAN SEKOLAH DI SMK KABUPATEN PEMALANG

  • Muhdi Harso
Keywords: Leadership, Performance, Effectiveness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap keefektifan sekolah, baik secara sederhana maupun berganda menggunakan pendekatan studi korelasional dengan populasinya adalah guru yang melaksanakan tugas mengajar di SMK negeri maupun swasta se Kabupaten Pemalang. Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap keefektifan sekolah, baik secara sendiri maupun bersama-sama. Kepemimpinan kepala sekolah memberikan kontribusi kepada keefektifan sekolah besaranya 41,8 % , Kontribusi kinerja guru kepada keefektifan sekolah besaranya 24.2 % dan kontribusi secara bersama-sama besaranya 43,3 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kedua variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap keefektifan sekolah adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 54,7% dibanding Kinerja Guru sebesar 17,1%. Saran yang diajukan berdasar temuan penelitian adalah Kepala sekolah harus mampu mempengaruhi, mengarahkan, membimbing dan mengendalikan perilaku para personil penyelenggara pendidikan sehingga mereka mau dan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab secara lebih profesional untuk tercapainya pendidikan yang efektif dan efisien. Guru hendaknya selalu meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan dan seminar-seminar sebagai modal dasar dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari secara optimal dan profesional.

This research is aimed at knowing the influence of headmaster’s leadership and teachers’ performance to the effectiveness of the school using both simple and double regression, The research employed correlation study with population of teacher who conduct learning process at public vocational schools or private ones in Pemalang. The research found that there is significant influence between headmaster’s leadership and teachers’ performance to the effectiveness of the school both in solitary or altogether. The headmaster’s leadership contributed as many as 41,8 %, the teachers’ performance contributed to the school’s effectiveness as many as 43,3%, while the rest is influenced by other variables outside this research. The most influential experimental variable to the schools’ effectiveness is the leadership of the headmaster as many as 54,7 % compared to teachers’ performance as many as 17,1 %. It is suggested that based on the finding of the research, the headmaster should be able to influence, direct, guide, and control the behavior of education personnel in the school so that they are able to responsible and professional to achieve effective and efficient education. The teacher should always improve the human resources through training and seminars to be more optimal and professional.

 

How to Cite
Harso, M. (1). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP KEEFEKTIFAN SEKOLAH DI SMK KABUPATEN PEMALANG. Educational Management, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/56
Section
Articles