PENGARUH KOMPETENSI PEMBIMBING DAN KOMPETENSI INSTRUKTUR TERHADAP KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN ON THE JOB TRAINING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing maupun secara bersama-sama kompetensi pembimbing dan kompetensi instruktur terhadap keefektifan pelaksanaan on the job training kelompok teknologi industri SMK Negeri Kota Semarang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya adalah semua pembimbing/guru produktif kelompok teknologi industri SMK Negeri kota Semarang. Data dikumpulkan dengan angket. Sebelum digunakan untuk penelitian, terlebih dahulu instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis regresi dan prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, heteroskedastisitas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positip dan signifikan antara kompetensi pembimbing dan kompetensi instruktur secara bersama-sama terhadap keefektifan pelaksanaan on the job training kelompok teknologi industri SMK Negeri Kota Semarang. Angka determinasi diperoleh sebesar 65,6 %, sedangkan angka determinasi parsial masing-masing sebesar 55,9 % dan 57 %. Saran yang diajukan berdasar temuan penelitian adalah perlunya diadakan suatu kegiatan dalam rangka peningkatan kompetensi pembimbing dan kompetensi instruktur, agar pengaruh terhadap keefektifan pelaksanaan on the job training semakin besar. Disarankan pula perlunya penelitian lebih lanjut, mengingat 34,4 % keefektifan pelaksanaan OJT disebabkan faktor di luar penelitian ini.
This research is aimed at analyzing the influence of each or altogether the instructor’s and counselors’ competency to the effectiveness of the conduct of on the job training on the group of industrial technology public vocational school in Semarang. The approach of the research is quantitative. The population is all of the productive teachers and counselors on the group of industrial technology public vocational school in Semarang. The data is collected using questionnaire. The instrument is tested for its validity and reliability. Then the data will be analyzed using regression and pre-condition which includes normality test, linearity test, heteroskedasticity and multikolinearity. The research found that there is positive and significant influence between the instructor’s and counselors’ competency altogether to the effectiveness of on the job training with the group of public vocational school in Semarang. The determination score is 65,6% while the partial determination score is 55,9% and 57%. It is suggested that the improvement the instructor’s and counselors’ competency to the increase the effectiveness of the conduct of on the job training on the group of industrial technology public vocational school in Semarang is necessary