MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NASIMA SEMARANG

  • Endang Listyani
Keywords: Learning Management, Islamic Education

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik yang dipergunakan untuk mengumpulkan data berupa wawancara, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis dan pengolahan data dilakukan dengan cara : 1) reduksi data ; 2) penyajian data ; dan 3) mengambil simpulan atau verifikasi. Untuk mendapatkan data yang valid, dilakukan triangulasi data dan sumber, artinya data yang sama diungkap dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : 1) Kegiatan perencanaan pembelajaran PAI di SMP Nasima pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada administrasi pembelajaran yang dibuat oleh guru PAI, 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP Nasima menyeimbangkan teori dan praktik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pembiasaan dan rutinitas keagamaan yang dilakukan setiap hari, dan 3) Penilaian pembelajaran PAI pada dasarnya sudah dilaksanakan secara kesinambungan. Hal ini terbukti dalam pelaksanaan penilaian dilakukan secara bertahap, mulai dari ulangan harian, ulangan harian terprogram, mid semster, dan ulangan akhir semester

This research is aimed at unraveling the management of Islamic education in SMP Nasima Semarang. This research is expected to have beneficial impacts towards the organization such as source of contemplation and material of learning management. This research used qualitative, with the design of case study. The data was collected using interview, observation, and documentation. Analysis and data management were done in three ways: (1) data reduction, (2) data display, and (3) draw the conclusion or verification. To get the valid data, The triangulation of data and source was conducted, it means that the data was revealed by various sources. This research found that (1) the Islamic education planning in SMP NASIMA is good, it can be seen from the learning administration made by the teachers, (2) The conduct of learning in Nasima was in balance between practice and theory. This can be seen from the daily Islamic conditioning and routine in Nasima, and (3) The learning scoring of Islamic education in Nasima basically is conducted simultaneously. This can be seen from the conduct of daily test, programmed daily test, mid semester test, and final test.

How to Cite
Listyani, E. (1). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NASIMA SEMARANG. Educational Management, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/63
Section
Articles