MANAJEMEN BELAJAR DAN BERMAIN ANAK KELAS AKSELERASI (STUDI KASUS DI SMPN 3 PATI)

  • Dwi Wahyuningsih
Keywords: implementation, community based learning, ibadah subject matter

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana siswa program percepatan belajar mengelola dan waktu bermain selama progam percepatan waktu dan apakah program percepatan mempengaruhi perasaan mereka untuk mendapatkan waktu bermain yang memadai. Ini adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Validitas data diperoleh melalui triangulasi, verifikasi responden, dan penilaian antara para peneliti. Data dianalisis dengan menggunakan (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) kesimpulan menggambar. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengelolaan belajar dan bermain siswa dari program percepatan Sekolah SMP Negeri 3 Pati: (1) siswa program percepatan mengatur waktu mereka dari pagi hingga sore, karena mereka menghadiri kegiatan belajar mengajar reguler dari pagi sampai sore, dan kemudian mengambil pelajaran tambahan di luar sekolah mereka sampai sore hari. Pada malam hari mereka harus meninjau pelajaran dan melakukan tugas rumah dan mempersiapkan bahan belajar untuk hari berikutnya. (2) Para siswa dari program percepatan mengelola waktu mereka bermain selama liburan atau waktu luang. Hal ini karena setiap hari mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk belajar dan tidak punya waktu untuk bermain. (3) Para siswa berpikir bahwa waktu untuk belajar tidak seimbang dengan waktu mereka untuk bermain karena mereka harus belajar setiap hari dari pagi hingga sore dan dapat memiliki waktu untuk bermain hanya selama liburan sekolah.

This study is meant to find out how the students of the acceleration program manage their learning and play time during the time-demanding acceleration progam and whether the acceleration program affects their feeling to obtain adequate playing time. This is a case study. The data were collected by the use of interviews, observation, and documents. The validity of the data was obtained through triangulation, respondent verification, and assessment among researchers. The data were analyzed by using (1) data reduction, (2) data presentation, (3) drawing conclusions. The results of the analysis show that the learning and playing management of the students of the acceleration program of State Junior High School 3 of Pati: (1) the students of the acceleration program manage their time from morning to evening, because they attend the regular teaching learning activities from morning to afternoon, and then take extra lessons outside their school until late afternoon. In the evening they have to review lessons and do home assignments and prepare learning materials for the following day. (2) The students of the acceleration program manage their playing time during their holidays or free time. This is because every day they spend most of their time to study and do not have time to play. (3) The students think that the time for learning is not balanced with their time to play because they have to learn every day from morning to evening and can have time to play only during school holidays.

How to Cite
Wahyuningsih, D. (1). MANAJEMEN BELAJAR DAN BERMAIN ANAK KELAS AKSELERASI (STUDI KASUS DI SMPN 3 PATI). Educational Management, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/68
Section
Articles