Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Motivasi Berprestasi Guru SD

  • Ahmad Romani Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Leadership, Job Satisfaction, Achievement Motivation

Abstract

Abstrak : Motivasi berprestasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja. Rumusan masalah penelitian adalah (1) Berapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru? (2) Berapa besar  pengaruh kepuasan kerja  terhadap motivasi berprestasi guru? (3) Berapa besar kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Kecamatan Ketanggungan, dengan sampel 100 orang guru. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi. Simpulan penelitian adalah (1) Ada pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi berprestasi sebesar 0.251, (2) ada pengaruh antara kepuasan kerja guru dengan motivasi berprestasi sebesar 0.323, (3) ada pengaruh secara simultan antara kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan kerja dengan motivasi berprestasi sebesar 0.94 Simpulan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja mempunyai kaitan yang erat dengan motivasi berprestasi dengan tingkat kontribusi yang sangat besar yaitu 94%.

 

Abstract: Achievement motivation is influenced by several factors, including the influence of the principal's leadership and job satisfaction. The research problems are (1) How large is the effect of principal leadership on achievement motivation of teachers? (2) How much influence on achievement motivation and job satisfaction of teachers? (3) What are the relationship of principal's leadership and job satisfaction on achievement motivation of teachers. The approach used is descriptive research by employing quantitative approach. The study was conducted in primary Ketanggungan District, with a sample of 100 teachers. Results showed that the relationship between principal leadership and teacher job satisfaction together with achievement motivation. The results of the study were (1) There is the influence of the principal's leadership achievement motivation for 0251, (2) there is the influence of the teacher job satisfaction with achievement motivation for 0323, (3) there is a simultaneous effect between principal leadership, job satisfaction of achievement motivation 0.94. It is concluded that this research is that the principal's leadership and job satisfaction has been linked to achievement motivation with a huge level of contribution reaching 94%.

References

Depdiknas (2000). Rambu-rambu Penilaian Kinerja Sekolah (SLIP dan SMA), Jakarta, Dirjen Dikdasmen.

Dessler, G. (1997). Human Resource Management (Seventh Edition). Edisi Bahasa Indonesia: Molan, B. ( 1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Prenhallindo.

Djaali. (2000), Psikologi Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Gordon, J. (1991). A Diagnostic Approach to Organizational Behavior. Boston: Allyn and Bacon.

Hasibuan, M. SP, (1994). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : CV. Haji Masgung.

Hersey, P. and Blanchard, K.H. (1993), Management Organizational Behavior, Utilizing Home Resources, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Houston, J. P. (1985). Motivation. New York: Macmillan Publishing Company.

How to Cite
Romani, A. (1). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja terhadap Motivasi Berprestasi Guru SD. Educational Management, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/814
Section
Articles