PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SMK PIKA SEMARANG

  • Dewi Fatmasari Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Leadership behavior, TQM

Abstract

Abstract: Schools, as a social institution, is expected to meet the needs of the community about quality education. Principals have an important role in implementing integrated quality or TQM in school. TQM in a school will not run properly if it is not supported by quality-oriented leadership behavior of the principals. The focus of this research is the problem in leadership behaviors of school principals in implementing TQM. This study has the objectives  to determine the commitment of the school,  the behavior of the principal's leadership in improving the quality, and strategic leadership in improving the quality.

Abstrak: Sekolah, sebagai suatu lembaga sosial diharapkan mampu memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat mengenai pendidikan yang berkualitas. Kepala sekolah mempunyai peran penting dalam menerapkan mutu terpadu atau TQM di sekolahnya. TQM dalam suatu sekolah tidak akan berjalan dengan baik bila tidak didukung oleh pola perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada mutu. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah  perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan TQM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen perangkat sekolah,  perilaku kepemimpinan kepala sekolah berperan  dalam meningkatkan mutu terpadu (TQM), dan  strategi pimpinan berpengaruh dalam meningkatkan mutu terpadu.

References

Amir, Yayat Hidayat dan Maufur. 2009. Kepemimpinan Pendidikan Untuk Pengembangan Budaya Organisasi dan Mutu Sekolah. Bandung : CV. Bintang Warli Artika.

Asmani, Jamal Maaruf. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta : Diva Press

Ismail,Kamariah. Khurram,Wafa & Jafri, Syed Khurram Ali. 2011. Role Of Leaders Behavioral Integrity In Determining Successful TQM Implementation And Organizational, Performance : A Study On Public Hospital Of Pakistan. International journal of Humanities and Social Science (jurnal online). Vol. 1 no. 10, 236-241, August ( diunduh 8 Desember 2011, 15:02)

Komariah, Aan dan Triatna, Cepi. 2006. Visionary Leadership : Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Lakshman, C. 2006. A Theory Of Leadership For Quality : Lessons from TQM For Leadership Teory. Total Quality Management Journal (jurnal online). Vol. 17 No. 1, 41-60. January (diunduh 15 September 2011)

Miles, Matthew B. dan Hubbermen, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI-Press

Moeleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya

Sule Tisnawati, Ernie dan Saefullah, Kurniawan. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Usman, Husaini. 2011. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

How to Cite
Fatmasari, D. (1). PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI SMK PIKA SEMARANG. Educational Management, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/817
Section
Articles