MANAJEMEN PEMBIAYAAN BERBASIS SEKOLAH DI RSBI SMPN 3 MRANGGEN DEMAK

  • Endah Dwi Hayati Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: accounting, auditing, budgeting, financing

Abstract

Abstrak. Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembiayaan di RSBI SMPN 3 Mranggen Demak yang meliputi kegiatan perencanaan (budgeting), pelaksanaan/pencatatan (accounting) dan pertanggungjawaban/ pengawasan (auditing). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembiayaan / budgeting di SMPN 3 Mranggen dilaksanakan dengan menyusun RAPBS. Dana penyelenggaraan pendidikan di SMP tersebut meliputi  block grant  dan BOS dari  serta dana komite dari orang tua siswa. Dana tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan pendidikan yang diarahkan untuk penjaminan mutu RSBI yang dikelompokan berdasarkan 8(delapan) standar nasional pendidikan. (2) Pelaksanaan/pencatatan (accounting) pembiayaan di SMPN 3 Mranggen terdiri dari dua kegiatan, yaitu pelaksanaan anggaran dan pencatatan anggaran. Pelaksanaan anggaran merupakan tanggungjawab masing-masing koordinator standar pendidikan, sedangkan pencatatan anggaran merupakan tanggungjawab bendahara yang dalam melaksanakan tugasnya menggunakan sistem akuntansi sederhana. (3) Pertanggungjawaban/pengawasan pembiayaan dilaksanakan dengan menyusun laporan pertanggungjawaban, sedangkan pengawasan dilakukan secara internal dan eksternal dari inspektorat pendidikan, BPKP dan BPK,  juga pengawasan melekat oleh kepala sekolah.

Abstract. The objectives of this study   were to describe and to analyze the management of the financing activities at SMPN 3 Mranggen, such as: budgeting, accounting, and auditing. The data collection was done by having an interview with the persons in charge, observing the activities, and having a library research. The researcher uses the steps of data reduction, data presentation and conclusion.  The results of the study showed that (1) the budgeting at SMPN 3 Mranggen was done by arranging the school-based budget plan financing. The funds of the education at junior high school were raised from block grant and school operational aid (BOS)  and also from the parents. The funds were used to pay all the education activities based on eight goals of National Education Standards. (2)  the accounting of the financing were divided into two activities: budget executions and budget records. Each of the coordinator of education standards had to be responsible to the budget executor. Meanwhile, the treasurer had to record all the budget executions with a simple accounting system. (3)  the auditing of the financing activities at SMPN 3 Mranggen was done by arranging accountability reports , while the monitoring was done by the education inspectorates, auditing firms and the headmasters internally and externally.

References

Aqib, Zainal. 2010. Membangun Prestise Sekolah Berstandar Nasional (SSN) dan Sekolah Berstandar Internasional (SBI): Sebuah Sekolah Masa Depan Menjawab Tantangan Global. Bandung: Yrama Widya

Boy, D. dan Siringoringo,Hotniar. 2009. Analisis Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Anggaran dan Belanja Sekolah (APBS) Terhadap Partisipasi Orang Tua Murid. Jurnal Ekonomi Bisnis., no 12 Vol 14, Agustus 2009. (diunduh 15 Desember 2011)

Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendiknas. 2010. Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Fattah, Nanang. 2009a. Ekonomi & Pembiayaan Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Fattah, Nanang. 2009b. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Jones, T.H. 1985. Introduction To School Finance Technique And School Policy. New York: Macmillan Publishing Company and London: Macmillan Publishers

Mestry, Raj. 2004. Financial Accountability: The Principal or The School Governing Body?. South African Journal of Education. Vol 24(2) 126-132 (diunduh 27 April 2012)

Miles, M. B and Huberman, A.M.. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods.Beverly Hill: Sage Publications

Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz

Peraturan Pemerintah no 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan

Permendiknas no 79 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

SMPN 3 Mranggen Demak. 2011. Profil Sekolah Bertaraf International

Undang-Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

How to Cite
Hayati, E. (1). MANAJEMEN PEMBIAYAAN BERBASIS SEKOLAH DI RSBI SMPN 3 MRANGGEN DEMAK. Educational Management, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/820
Section
Articles