PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL
Abstract
Abstrak Salah satu faktor yang berkaitan dalam dunia pendidikan adalah kinerja guru karena dengan guru yang mempunyai kinerja baik akan menghasikan peningkatan mutu pendidikan. Permasalahannya bagaimanakah pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran SMA Negeri se-Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Data dikumpulkan melalui kuesioner, analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa (1) motivasi mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kabupaten Kendal, (2) lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kabupaten Kendal. (3) Motivasi dan lingkungan kerja secara simultan juga mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri Se-Kabupaten Kendal. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri se-Kabupaten Kendal baik secara parsial maupun simultan.
Abstract: One of the factors relating to the education field is the teacher's performance as a teacher who has a good performance will yield an increase in the quality of education. The problem is how the influence of motivation and the work environment on the performance of teachers inlcuding lesson planning, implementation and evaluation of learning the lesson? This study aimed to determine the effect of motivation and the work environment on the performance of teachers that include lesson plan, implementation and evaluation of learning lessons of SMA in Kendal. This research was an explanatory one. Data were collected through questionnaires, analysis of data using multiple regressions. The results of multiple regression analysis showed that (1) motivation has an influence on the performance of State High School teachers in Kendal, (2) the work environment has an influence on the performance of State High School teacher in Kendal. (3) Motivation and simultaneously work environment also play roles on the performance of State High School teachers in Kendal. The conclusion of this study is the motivation and the work environment have a positive and significant impact on teacher performance that includes planning, implementation and evaluation of learning in high schools in Kendal either partially or simultaneously.
References
Amstrong M. 1994. Seri Pedoman Manajemen; Manajemen Sumber Daya Manusia, alih bahasa; Sofyan Cikmat dan Hariyanto, Elek Media Komputindo, Jakarta.
Dessler, Gary, 1997. Manajemen Personalia, Terjemahan Agus Dharma. Erlangga: Jakarta.
Gujarati, 1997. Basic Econometrics, McGraw-Hill International Editions, New York
Handoko, H.T, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE: Yogyakarta.
H.A.R. Tilaar, 2001. Menentukan Sikap Dalam Pembaharuan Pendidikan (Refleksi Masa Lalu dan Tantangan Masa Depan). Desiderata Vol.1 No.3
James L. G, 1990. Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses, PT. Erlangga, Jakarta.
Martoyo, 1990. Manajemem Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Jilid 1 dan 2, Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta.
Simamora, Henry, 2004. Manajemen Sumber Saya Manusia. Edisi III.: YKPN Yogyakarta.
Supardi, 1993. Mutu Pendidikan : Pengertian, Indikator dan Faktor-faktor yang Berpengaruh. Balitbang Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Walgito, Bimo, 1990. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Fakultas Psikologi UGM: Yogyakarta
Wursanto Ign, 2003. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, Andi. Yogyakarta.