PERENCANAAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT
Abstract
Abstrak : Perencanaan merupakan unsur penting dan strategis dan memberikan arah dalam pelaksanaan kegiatan untuk mencapai tujuan atau sasaran yang dikehendaki. Fokus penelitian ini adalah perencanaan pendidikan berbasis masyarakat yang dirinci dalam masalah penelitian yaitu perencanaan implementasi kurikulum dan perencanaan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi sumber. Adapun analisis data menggunakan prosedur: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian: Kurikulum yang diterapkan di MA Darunnajat ini menggunakan kurikulum campuran atau modifikasi antara kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum Pondok Pesantren Darunnajat. Adapun perencanaan implementasi kurikulum telah dibuat oleh guru. Untuk menunjang implementasi kurikulum maka dibuat perencanaan akademik. Perencanaan akademik khusus yang ada di MA Darunnajat adalah adanya Kelas Persiapan. Saran yang dapat diberikan: (1) Agar setiap guru membuat perencanaan implementasi kurikulum secara lengkap.(2) Rekruitmen tenaga pengajar sesuai dengan spesialisasinya.
Abstract : The focus of this study is a community-based educational planning problem specified in the study: curriculum planning and implementation of community-based education academic planning . This study used a qualitative approach. The data were collected through interviews, observation, and study documentation. The technique used is the validity of the data source triangulation. The procedures of the analysis are data reduction, data presentation, and drawing conclusions.The results are the curriculum was implemented in MA Darunnajat or modified the curriculum of national curriculum and Darunnajat boarding school curriculum. The curriculum implementation plan has been created by teachers, but it has not been completed. To support the implementation of the curriculum, there is an academic planning. Specific academic planning in MA Darunnajat is the Preparation Class. It is suggested that: (1) It is a need that each teacher should plan the implementation of a complete curriculum in order to get maximum results. (2) Recruitment of teachers should be based on their specialization
References
Galbraith, W. Michael. 1995 Community-Based Organizations And The Delivery Of Lifelong Learning Opportunities. http://www2. ed.gov/ pubs /PLLI Conf95/comm.html [3 Maret 2012]
Hamalik, Oemar. 2006. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosda Karya Bandung: 2006.
Ifedili and Alutu.2011. Planning The 9-Year Universal Basic Education Programme in Nigeria For Successful Implementation Ozean Journal of Social Sciences 4(2), 2011 ISSN 1943-2577
Kaharudin. 2011. Peranan Guru dalam Pengembangan Kurikulum http://kumpulanmakalahdanartikelpendidikan.blogspot.com/2011/01/peranan-guru-dalam-pengembangan-kurikul.html diunduh 8 Juli 2012
Miles, Matthew B dan Michail A. Hubermans, 1992, Analisis Data Kualitatif, Terjemahan Tjejep Rohendi, UI Press, Jakarta.
Moleong, Lexy J., 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Onyeachu, Jane A.E.2008. Implementation Issues in Secondary Education Curriculum in Nigeria: Problems and Prospectshttp.wesoedu comnardi international /International
Peraturan Pemerintah Nomor : 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan
Sarbini dan Lina. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pusataka Setia
Saud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsudin. 2009. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sudarsyah dan Nurdin. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sule, E.S. dan Saefullah, Kurniawan. 2010. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup