IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENCAPAI KEPUASAN SISWA

  • Dedi Prestiadi Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyu Hardyanto Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suwito Eko Pramono Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Total Quality Management (TQM), Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Kepuasan siswa

Abstract

Total Quality Management (TQM) merupakan sebuah konsep pengelolaan lembaga pendidikan dalam rangka peningkatan mutu lembaga pendidikan melalui upaya perbaikan terus menerus, fokus pada pelanggan dan keterlibatan total. Pelaksanaan TQM di lembaga pendidikan tidak dapat dipisahkan dari segenap komponen yang ada seperti kepala sekolah, guru, staff dan dukungan pihak eksternal seperti komite sekolah untuk bekerjasama memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi TQM yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah dalam mencapai kepuasan siswa. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Negeri 1 Ampelgading mengimplementasikan TQM dalam mencapai kepuasan pelanggan dilakukan  melalui kepemimpinan visioner kepala sekolah, peran guru dan dukungan dari komite sekolah. Implementasi TQM di SMK Negeri 1 Ampelgading  mengacu pada ISO 9001:2008.

How to Cite
Prestiadi, D., Hardyanto, W., & Eko Pramono, S. (1). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENCAPAI KEPUASAN SISWA. Educational Management, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/9853
Section
Articles