SUPERVISI KLINIS HUMANISTIK UNTUK GURU SOSIOLOGI SMA

  • Santy Indrias Tuti Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sugiyo Sugiyo Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Widiyanto Widiyanto Prodi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Guru Sosiologi, Humanistik, Supervisi Klinis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan dan menganalisis supervisi klinis pada guru sosiologi SMA, menghasilkan model supervisi klinis berbasis pendekatan humanistik di Kab.  Jepara dan mengetahui keefektifan model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development, yang dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi. Studi pendahuluan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, angket dan observasi. Tahap pengembangan melibatkan ahli dan praktisi,  sehingga menghasilkan model yang siap diuji coba. Tahap validasi dengan uji coba terbatas pretest–postest design dan uji statistik menggunakan uji willcoxon. Hasil uji coba menunjukan keefektifan supervisi, dalam mengajar sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (postest) atau tingkat efektifitas termasuk kategori baik dan secara statistik menunjukkan keefektifan supervisi. Nilai presentase pre-test 62,33 dan post-test 83,83 sehingga terjadi kenaikan sebesar 21,5 %.

How to Cite
Tuti, S., Sugiyo, S., & Widiyanto, W. (1). SUPERVISI KLINIS HUMANISTIK UNTUK GURU SOSIOLOGI SMA. Educational Management, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eduman/article/view/9856
Section
Articles