Studi Pariwisata Kabupaten Magelang, Kota Surakarta dan Kota Semarang Beserta Strategi Pengembangannya

  • Muhammad Andi Hakim Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Fafurida Fafurida Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Tourism , Strategy development, Traveler

Abstract

This research is conducted in order to know what makes tourists to visit tourist destinations. The purpose of this study describes the condition and potential of tourist attraction, knowing the factors that influence tourists in deciding tourist destinations, and develop appropriate tourism development strategies. Respondents in this study were the visitors who came to Magelang regency, Surakarta city, and Semarang city as the research location and 7 keyperson from the related offices. The research method used is descriptive analysis, regression analysis and AHP. The results of the study is known that the condition and potential of tourism that has not been managed optimally. The result of regression analysis is known tourist attraction and Community Participation influence the decision of tourists in determining tourist destinations in Magelang regency. In Kota Surakarta, accessibility of infrastructure and community participation influences the decision of tourists in determining tourist destinations. While the city of Semarang tourist attraction influence the decision of tourists in determining tourist destinations. The results of the Analysis Hierarchy Process (AHP) is composed of several priority program criteria, namely the first aspect of transportation availability, the two aspects of cultural resources, the three aspects of natural resources.

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui hal apa yang membuat wisatawan mengunjungi destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini menggambarkan kondisi dan potensi daya tarik wisata, mengetahui faktor yang mempengaruhi wisatawan dalam memutuskan destinasi wisata, serta menyusun strategi pengembangan pariwisata yang tepat. Responden pada penelitian ini adalah para pengunjung yang datang di obyek wisata Kabupaten Magelang, Kota Surakarta, dan Kota Semarang sebagai lokasi penelitian serta 7 keyperson dari dinas terkait. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi dan AHP. Hasil penelitian  diketahui kondisi dan potensi pariwisata yang ada belum terkelola secara maksimal. Hasil analisis regresi diketahui daya tarik wisata dan Partisipasi Masyarakat mempengaruhi keputusan wisatawan dalam menentukan destinasi wisata di Kabupaten Magelang. Pada Kota Surakarta aksesbilitas sarana prasarana dan partisipasi masyarakat mempengaruhi keputusan wisatawan dalam menentukan destinasi wisata. Sedangkan Kota Semarang daya tarik wisata mempengaruhi keputusan wisatawan dalam menentukan destinasi wisata. Adapun hasil Analysis Hierarchy Process (AHP) tersusun atas beberapa kriteria program yang di prioritaskan yaitu pertama aspek ketersediaan transportasi, kedua aspek sumber daya budaya, ketiga aspek sumber daya alam.

Published
2018-12-08
How to Cite
Hakim, M., & Fafurida, F. (2018). Studi Pariwisata Kabupaten Magelang, Kota Surakarta dan Kota Semarang Beserta Strategi Pengembangannya. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 1(2), 157-166. https://doi.org/10.15294/efficient.v1i2.27617
Section
Articles