Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar Di SDN Magersari Kabupaten Rembang

  • Didik Mulya Setyawan Jurusan Ekonomi Pembangunan,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Implementation, Program of Indonesia Pintar

Abstract

One of the current program thaa is being worked by government is Program Indonesia Pintar (PIP) is a program that hopefully we can expect to decrease problems about education in Indonesia. Program Indonesia Pintar (PIP) is an aid in form of cash from government aim at students whose parents can not pay the cost of education. The analysis method of this resarch is qualitative descriptive to identify the implementation of Program Indonesia Pintar (PIP), also the obstacle when doing this program in Rembang Regency. The result of this reaearch found that the implementation of Program Indonesia Pintar (PIP) in Rembang Regency has been done well with proof that it has been distributed to all students whose parents can pay the cost of education so that their children can go to school up to high school. All the steps of  Program Indonesia Pintar (PIP) has been done starts from socialization, opinion, verification, and the distribution of the cash money which person requires or not, it's because of finance constraint. The obstacle is the distribution of this program to people it's because people who can pay for the cost of education of their children so they can go to up to high school, that means people can not use the cash money for anything but educational stuff, or for families who do not actually need and deserve the money from Program Indonesia Pintar (PIP) do not have the chance to apply for thisaid.

Program yang sedang dijalankan oleh pemerintah saat ini yaitu salah satunya Progam Indonesia Pintar (PIP) merupakan program yang diharapkan dapat mengurai permasalahan perekonomian terkait dengan bidang pendidikan. Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan atau kurang mampu membiayai pendidikannya.Analisis yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pelaksanaan Progam Indonesia Pintar (PIP), serta kendala yang ditemukan selama pelaksanaan Progam Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Rembang. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan Progam Indonesia Pintar (PIP)di Kabupaten Rembang telah dilaksanakan dengan baik yang dibuktikan dengan telah disalurkannya danaProgam Indonesia Pintar (PIP)bagi warga tidak mampu untuk keperluan sekolah anaknya hingga mencapai pendidikan menengah. Semua tahapan Progam Indonesia Pintar (PIP)sudah dilaksanakan mulai dari sosialisasi, usulan, verifikasi hingga penyaluran danaProgam Indonesia Pintar (PIP). Kendala yang ditemukan seperti belum dapat tersalurkannya dana ke masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan atau salah dalam penyaluran kepada masyarakat yang sebenarnya tidak berhak, hal ini disebabkan karena kendala administrasi. Adapun saran dari penelitian ini diantaranya bahwa masyarakat hendaknya memaknai program ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memberikan bantuan pendidikan kepada siswa hingga jenjang menengah, sehingga tidak mengambil keuntungan dari program ini untuk kepentingan-kepentingan yang diluar keperluan sekolah, atau bahkan bagi keluarga yang tidak seharunya menerima bantuan dari Progam Indonesia Pintar (PIP) tidak berupaya untuk mengajukan bantuan.

Published
2018-12-23
How to Cite
Setyawan, D. (2018). Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar Di SDN Magersari Kabupaten Rembang. Efficient: Indonesian Journal of Development Economics, 1(3), 270-281. https://doi.org/10.15294/efficient.v1i3.27872
Section
Articles