MENINGKATKAN KEBERANIAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PEMBELAAN NEGARA MELALUI TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) (DI KELAS IX A SMP NEGERI 9 PEKALONGAN)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This study aims to improve the courage to express opinions and student learning outcomes through technique Numbered Heads Together (NHT). The benefits of research for students so that students dare to express opinions and the school is a contribution for teachers to prepare the classroom action research. The results of this study as follows: the courage to express opinions from Cycle 1 in the category, an increase in Cycle 2 in both categories. The results of the study on the condition of average baseline value of 72.5 into 77.25. Then, in Cycle 2 means an increase of 4.75 learning outcomes. This study includes four stages of action planning, action, observation and reflection, whereas the cycle there are two cycles. Analysis of the data by means of comparative descriptive analysis comparing the results of Cycle 1 to Cycle 2.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat dan hasil belajar siswa melalui teknik Numbered Heads Together (NHT). Manfaat penelitian bagi siswa agar siswa berani mengemukakan pendapat dan bagi sekolah merupakan sumbangsih bagi guru untuk menyusun penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini sebagai berikut: keberanian mengemukakan pendapat dari Siklus 1 pada kategori sedang, meningkat di Siklus 2 pada kategori baik. Adapun hasil belajar pada kondisi awal rata-rata nilai 72,5 menjadi 77,25. Kemudian, pada Siklus 2 berarti mengalami kenaikan hasil belajar 4,75. Penelitian ini meliputi 4 tahap yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi, sedangkan siklus penelitian ada 2 siklus. Analisa data dengan analisa deskriptif komparatif artinya membandingkan hasil Siklus 1 dengan Siklus 2.