Meminimalkan Kesalahan Pemahaman Konsep Tarif Pajak Penghasilan Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 7 Pekalongan Melalui Media Balok Uang Bersusun
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
The problem of this research is: How is the use of instructional media Beams Tiled Money can minimize errors of understanding the concept of income tax rate in class VIII C SMP Negeri 7 Pekalongan in the academic year 2015/2016. The purpose of this study is to minimize mistakes students' understanding of the concept of income tax rates. This study uses the procedure classroom action research (PTK) with data collection techniques using tests, observations, and interviews. The results showed no significant increase in the students' understanding of income tax rates as indicated by the increasing mastery learning outcomes of students namely from 13.33% at the stage of prasiklus, increased to 73.33% in the first cycle, and increased again to 90% in cycle II. It can be concluded that the use of media Beams Tiled Money can minimize errors of understanding the concept of income tax rates.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penggunaan media pembelajaran Balok Uang Bersusun dapat meminimalkan kesalahan pemahaman konsep tarif pajak penghasilan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalkan kesalahan pemahaman siswa tentang konsep tarif pajak penghasilan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman siswa tentang tarif PPh yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil ketuntasan belajar siswa yaitu dari 13,33% pada tahap prasiklus, meningkat menjadi 73,33% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa pemakaian media Balok Uang Bersusun dapat meminimalkan kesalahan pemahaman konsep tarif PPh.