PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 7 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salis Fauzi
Yesi Budiarti

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of the use of cooperative learning type talking stick to the learning outcomes Integrated Social Science students of class VII SMP Negeri 7 Metro. The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 7 Metro totaling 223 students. Sampling using purposive sampling techniques with the sample is VII E class of 32 students as an experimental class, and as many as 31 students of class VIII F as the control class. The research data using observation data collection, interviews and documentation. To test the hypothesis used formula of Simple Linear Regression. From the analysis of survey data obtained Thitung = 5,24 dengan Ttabel = 1,70 therefore Thitung ≥ Ttabel. This means a simple linear regression hypothesis is real or acceptable. Thus showing that there is a positive influence Use of Cooperative Learning Model Talking Stick Type to IPS Integrated Learning Outcomes students of class VII SMP Negeri 7 Metro.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model cooprative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Metro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Metro yang berjumlah 223 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan sampel kelas VII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII F sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi Linier Sederhana. Dari analisis data hasil penelitian didapatkan Thitung = 5,24 dengan Ttabel = 1,70 dengan demikian Thitung ≥ Ttabel. Ini berarti regresi linear sederhana bersifat nyata atau hipotesisnya diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 7 Metro.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##