PENINGKATAN KOMPETENSI OTONOMI DAERAH DENGAN MODEL WORDSQUARE PADA PESERTA DIDIK KELAS IX D SMP NEGERI 7 PEKALONGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This research aims to improve the competence of Regional Autonomy with a wordsquare model. This research is a Research Action class that consists of two cycles, each cycle consists of four stages. Learning with wordsquare model on subjects PKn competence of Regional Autonomy can enhance the learning process more active and conducive. On the cognitive aspects of learning, improving results from the average 76.18 with completeness 70.58% on sikus I became 82.21 with completeness 88.23% in cycle II. Wordsquare learning models can also cause a change in behavior toward more positive.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Otonomi Daerah dengan model wordsquare. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap. Pembelajaran dengan model wordsquare pada mata pelajaran PKn kompetensi Otonomi Daerah dapat meningkatkan proses pembelajaran lebih aktif dan kondusif. Pada aspek kognitif, meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 76,18 dengan ketuntasan 70,58% pada sikus I menjadi 82,21 dengan ketuntasan 88,23% pada siklus II. Model pembelajaran wordsquare juga dapat menyebabkan perubahan perilaku ke arah yang lebih positif.