PENINGKATAN KOMPETENSI KONDISI FISIK WILAYAH DAN PENDUDUK INDONESIA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 9 PEKALONGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstract
This study aims to improve learning outcomes and changes in attitudes and behavior after learning through peer tutoring methods in students of class VIII A of SMP Negeri 9 Pekalongan. This study was conducted in two cycles, after learning with peer tutors there was an increase in the learning process, students were more excited and enthusiastic, behavior changes students were more disciplined, confident and honest, and learning outcomes increased with the results of 24 (92.3%) participants students complete and 2 students (7.69%) do not complete and average 79.85.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan perubahan sikap serta tingkah laku setelah pembelajaran melalui metode tutor sebaya pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 9 Pekalongan. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setelah pembelajaran dengan tutor sebaya terjadi peningkatan proses pembelajaran, peserta didik lebih besemangat dan antusias, perubahan tingkah laku peserta didik lebih disiplin, percaya diri dan jujur, serta hasil belajar meningkat dengan hasil 24 (92,3%) peserta didik tuntas dan 2 peserta didik (7,69%) tidak tuntas serta rata rata 79,85.