IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al Asror Semarang) Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) pelaksanaan program kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Al Asror (2) peran pramuka dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di Madrasah Aliyah Al Asror (3) Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan pramuka dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di Madrasah Aliyah Al Asror. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau cara kuantifikasi. Informan dalam penelitian ini adalah pembina pramuka Madrasah Aliyah Al Asror. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah Al Asror memiliki dua jenis kegiatan pramuka, yaitu outdor dan indor. Untuk outdor dengan adanya PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan menyusuri alam. Sedangkan untuk indor dengan materi dan permainan didalam ruangan. (2) Penerapan nilai ketuhanan tampak terlihat dari ketaatan anggota pramuka dalam mengamalkan ajaran-ajaran Agama. Penerapan nilai kemanusiaan tampak dari rasa kasih sayang antar anggota Pramuka. Penerapan nilai persatuan tampak kegiatan yang dilakukan selalu mengedepankan untuk memupuk rasa kebersamaan. Penerapan nilai kerakyatan tampak dari terjaganya demokrasi dalam kegiatan kepramukaan. Nilai Keadilan tampak dari tingkat toleransi anggota Pramuka. (3) Faktor pendukung implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pramuka dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya mempunyai program, menyediakan sarana prasarana, dan pengawasan dan pembinaan oleh pembina pramuka. Faktor penghambat implementasi nilai-nilai Pancasila bersumber dari dua faktor, yakni faktor individu dan lingkungan penunjang.