IMPLEMENTASI PENILAIAN PPKN DI SMA NEGERI 1 BUMIAYU KABUPATEN BREBES
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penilaian yang dilakukan guru selama ini masih belum dilaksanakan sesuai prosedur dan masih menggunakan cara penilaian yang masih tradisional. Tulisan ini membahas tentang implementasi penilaian PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu serta faktor pendorong dan penghambat implementasi penilaian PPKn di SMA Negeri 1 Bumiayu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan SMA Negeri 1 Bumiayu Penilaian PPKn disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penilaian pada ranah afektif dengan cara mengamati sikap siswa, penilaian pada ranah kognitif yang dilakukan dengan cara tes tertulis dan penugasan, pelaksanaan penilaian ranah psikomotorik dilakukan dalam bentuk portofolio atau kumpulan-kumpulan tugas. Faktor pendorong implementasi penilaian PPKn adalah pada fasilitas yang sudah mendukung kegiatan penilaian. Faktor penghambat yang dialami berupa kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar pada saat pandemi Covid-19, masih terdapat guru yang kurang menguasai IT, dan adanya siswa yang tidak mengikuti serangkaian penilaian.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arif, S. 2014. Penerapan Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Pamekasan. Jurnal Nuansa, Vol. 11, No. 2, Hal 235-262.
Fauzi, A. S. 2013. Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, Volume 1, No 2, Hal 1-15.
Hajaroh, S. 2018. Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. ẽl-Midad Jurnal Jurusan PGMI, Vol.10 No.2, Hal. 131-152.
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nugraha, H. R. 2016. Vocational High School Teachers' Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Instruction, Vol. 9, No.1.
Priatmoko, W. A. 2020. Perspektif Asesmen Autentik sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. At-Thullab: Jurnal pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 4. No. 1, Hal 53-61.
Singh, M. M. 2017. Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities And Social Science, Vol. 22, Issue 3, Ver. V. PP 65-67.
Syaodih, D. K. 2017. Perencanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013: Jenis-Jenis Penilaian Otentik. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 4, No. 3, hal 138-149.
Wardani, P. S. 2018. Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Penilaian Autentik di SD Negeri 003 Rambah. Indonesian Journal of Basic Education, VOl. 1, No. 2, Hal 209-2014