Penanaman Sikap Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Pada Siswa SMK PGRI 01 Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afidhatul Ummah
Arif Purnomo
Tsabit Azinar Ahmad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendiskripsikan mengenai peran guru sejarah dalam menanamkan sikap nasio nalisme pada siswa SMK PGRI 01 Semarang, (2) mendiskripsikan mengenai peran budaya sekolah dalam menanamkan sikap nasio nalisme pada siswa SMK PGRI 01 Semarang, (3) menjelaskan mengenai hambatan-hambatan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa SMK PGRI 01 Semarang. Dalam mengkaji penanaman sikap nasionalisme dalam pembelajaran sejarah pada siswa SMK PGRI 01 Semarang, peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi dalam penelitian ini menggunakan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru sejarah dalam menanamkan nilainilai sikap nasionalisme pada pembelajaran sejarah di SMK PGRI 01 Semarang sudah berjalan dengan baik. Beberapa sikap nasionalisme yang ditanamkan guru pada pembelajaran sejarah tersebut di antaranya bangga sebagai bangsa Indonesia, cinta tanah air dan bangsa, rela berkorban demi bangsa, menerima kemajemukan, bangga pada budaya yang beragam, menghargai jasa para pahlawan dan mengutamakan kepent ingan umum. (2) Budaya sekolah yang ada di SMK PGRI 01 Semarang sudah cukup mendukung dalam penanaman sikap nasionalisme pada siswa. (3) Hambatan yang dihadapi guru sejarah dalam upaya penanaman sikap nasionalisme terdiri dari kurangnya kerjasama antar guru dalam proses penanaman nasionalisme dan dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang fokus dalam pembelajaran

##plugins.themes.academic_pro.article.details##