Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Peningkatan Kerjasama Kelompok dan Pemahaman Materi Sejarah Peminatan Kelas X IPS SMAN 1 Demak
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X IPS 1 SMAN 1 Demak tahun ajaran 2016/2017, (2) Mengetahui peningkatan kerjasama kelompok dan pemahaman materi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas treatment, (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap kerjasama kelompok dan pemahaman materi pada kelas treatment,(4) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap kerjasama kelompok dan pemahaman materi sejarah peminatan pada kelas treatment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Hasil dalam penelitian membuktikan efektifitas pelaksanaan model kooperatif STAD sebesar 91,7%. Peningkatan kerjasama kelompok memiliki skor n-gain sebesar 0,3850 dan peningkatan pemahaman materi mempunyai skor n-gain 0,3417. Terdapat pengaruh antara model STAD dan kerjasama kelompok sebesar t hitung 2,982 > t tabel 2,448. Model STAD juga mempunyai pengaruh terhadap pemahaman materi sebesar t hitung 4,278 > t tabel 2,448. Sementara harga pengaruh ketiga variabel secara bersamaan diuji dengan uji multivariate menghasilkan nilai sebesar 0,029; 0,011; dan 0,00. Semuanya kurang dari 0,05 berarti terdapat pengaruh diantara ketiga variabel tersebut.