Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Projeck Display History Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XII SMAN 1 Pulokulon

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Sodikin
Cahyo Budi Utomo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dengan digunakannya model pembelajaran berbasis Proyek melalui Projeck Display History terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Pulokulon. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi adalah kelas XII. Sampel penelitian yaitu kelas XII IPS 2 (eksperimen) dan kelas XII IPS 1 (kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan desain nonequivalent control group design. Varibel bebas adalah penggunaan model pembelajaran Berbasis Proyek melalui Projeck Display History sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian skor rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dari hasil sebelum dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Projeck Display History. Skor rata-rata kelas eksperimen 46,47 menjadi 79,9, sedangkan kelas kontrol dari 45,97 menjadi 71,1. Rata-rata skor pada aspek psikomotorik di kelas eksperimen 79,4 dan skor rata-rata kelas kontrol 67. Sedangkan pada aspek Afektif skor rata-rata kelas eksperimen 9,3 kelas kontrol 9,6 artinya aktivitas kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek melalui Projeck Display History, efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##