Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Kelas VIII-A SMPN 7 Purworejo
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik kelas VIII-A setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition kompetensi perkembangan kolonialisme dan imperialisme peserta didik kelas VIII-A SMPN 7 Purworejo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) mendeskripsikan peningkatan kompetensi perkembangan kolonialisme dan imperialisme setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition pada peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 7 Purworejo Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian :proses pembelajaran berjalan dengan kondusif. Hasil peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari masing-masing siklus, yaitu pada siklus I persentase aktivitas belajar peserta didik rerata 58% dalam kriteria cukup aktif sedangkan pada siklus II naik 28 % menjadi 86 % dalam kriteria sangat aktif. Kompetensi belajar peserta didik mengalami peningkatan.Jumlah perolehan nilai meningkat dari 2.475 pada kondisi awal menjadi 2.780 pada siklus II.