Peningkatan HOTS Kompetensi Gerakan 30 September 1965 Melalui Metode Debat Kelas XII IPS Semester 1 Tahun 2018-2019 di SMA Negeri 1 Tuntang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatkan HOTS Kompetensi dalam pembelajaran sejarah kontroversial melalui metode debat pada siswa kelas XII IPS Semester 1 di SMA Negeri 1 Tuntang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode debat dalampembelajaran sejarah kontroversial, diperoleh fakta terjadi peningkatan yang cukup nyata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPS Semester 1 SMA Negeri 1 Tuntang. Nilai rata -rata kelas, sebelum diadakan penelitian sebesar 61,21 dengan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 42,86%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 63,78 dengan ketuntasan belajar mencapai 64,29%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 73,64 dengan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Hasil pengamatan selama proses pembelajaran menunjukan siswa bersemangat mengikuti pembelajaran melalui debat karena debat merupakan sesuatu yang baru bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa metode debat dapat meningkatkan dalam mempelajari materi sejarah yang sifatnya kontroversial, sekaligus dapat mengubah perilaku siswa kearah yang lebih positif.