Model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Permainan Card Sort Untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Materi Peradaban Awal Dunia Bagi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Retno Widianto

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model discovery learning berbantuan permainan card sort dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah materi peradaban awal dunia bagi siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri pada semester 2 tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti memilih tempat penelitian di kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis tindakan yaitu : (1) terjadi peningkatan keaktifan belajar bila dibandingkan antara kondisi awal dengan kondisi akhir, hal ini dapat dilihat dari (a) jumlah siswa yang tidak aktif dari 2 menjadi 0; (b) jumlah siswa yang kurang aktif dari 17 menjadi 0; (c) jumlah siswa aktif dari 16 menjadi 32; jumlah siswa sangat aktif dari 1 menjadi 4. (2) terjadi peningkatan hasil belajar hal ini dapat dilihat dari (a) jumlah siswa tidak tuntas KKM dari 9 menjadi 0; (b) jumlah siswa tuntas KKM dari 27 menjadi 36; (c) terjadi peningkatan prosentase ketuntasan KKM dari 75% menjadi 100%; (d) terjadi peningkatan nilai terrendah dari 40 menjadi 75; (e) terjadi peningkatan nilai tertinggi dari 90 menjadi 100; (f) terjadi peningkatan rerata kelas dari 78 menjadi 86.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##