Implementasi Nilai Persatuan di SMA Negeri 1 Lasem Pada Siswa Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2017/2018 Pokok Bahasan Materi Sumpah Pemuda
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai persatuan di SMA Negeri 1 Lasem pada siswa kelas XI IPS pokok bahasan materi sumpah pemuda, untuk megetahui faktor pendorong dalam implementasi nilai persatuan pada siswa kelas XI IPS, dan untuk megetahui faktor penghambat dalam implementasi nilai persatuan pada siswa kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian campuran dengan bentuk tipe notation. Pada strategi ini, pencampuran (mixing) terjadi pada tahap interpretasi dan pembahasan. Berdasarkan hasil analisis, Implementasi nilai persatuan telah dilakukan di SMA Negeri 1 Lasem kelas XI IPS pokok bahasan materi sumpah pemuda yang dilakukan pada saat pembelajaran dengan menekankan pada materi pembelajaran dan kemudian dipertegas dengan cara memberikan contoh perilaku nilai persatuan pada saat pembelajaran dengan hasil indikator kepedulian yaitu sebesar 80%, indikator kekompakan 71% dan indikator menghargai perbedaan sebesar 76%. Faktor pendorong implementasi nilai persatuan adalah kondisi sosial budayanya yakni bahasa, bahasa yang halus/lembut dan bahasa yang kasar/ keras. Faktor penghambat implementasi nilai persatuan yakni ketidak sadaran siswa terhadap penerapan nilai persatuan yang dilakukan oleh guru di dalam kegiatan pembelajaran.