Kesadaran Sejarah Siswa SMAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 Terhadap Eksistensi Pasar Gedhe Sebagai Bangunan Peninggalan Sejarah
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menganalisis pemahaman siswa SMAN 2 Surakarta terhadap eksistensi Pasar Gedhe sebagai bangunan peninggalan sejarah, 2) menganalisis sikap siswa SMAN 2 Surakarta terhadap eksistensi Pasar Gedhe sebagai bangunan peninggalan sejarah, dan 3) menganalisis upaya Pemerintah Kota Surakarta untuk menjaga eksistensi Pasar Gedhe sebagai bangunan peninggalan sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi fenomenologi dengan lokasi di SMAN 2 Surakarta dan menggunakan siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang mencankup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kesadaran sejarah siswa SMAN 2 Surakarta jurusan IPA terhadap Pasar Gedhe menunjukkan bahwa mereka baru sebatas mengetahui Pasar Gedhe namun belum adanya implementasi dalam rasa memiliki dan menjaga Pasar Gedhe sebagai bangunan peninggalan sejarah. 2) Siswa berlatar belakang jurusan IPA menunjukkan sikap acuh tak acuh dan belum ada kepedulian terhadap Pasar Gedhe. Sedangkan siswa jurusan IPS memiliki sikap menghargai, peduli dan mengapresisasi bangunan Pasar Gedhe, dan 3) Upaya pemerintah kota Surakarta yaitu melakukan revitalisasi Pasar Gedhe guna membangun citra Pasar Gedhe sebagai pasar tradisonal yang bersih, aman dan nyaman, rutin mengadakan diklat dan pelatihan untuk petugas maupun pedagang mengenai penataan Pasar Gedhe, serta menjadikan Pasar Gedhe sebagai pusat edukasi, wisata dan ekonomi.