Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara keseluruhan tentang proses pembelajaran sejarah di SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Hal yang menjadi fokus kajian adalah perencanaan, implementasi, sikap nasionalisme siswa dan kendala Guru dalam melakukan pembelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan model Kualitatif-Evaluatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Proses perencaaan pembelajaran sejarah yang dilakukan di SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang kurang lebih sama seperti yang diterapkan di SMA lainnya, prosesnya adalah mempersiapkan RPP sesuai Prota dan Promes, mempersiapkan materi dan media pembelajaran, mempersiapkan video tentang nasionalisme dan mempersiapkan evaluasi pembelajaran. Hal ini sudah cukup ideal untuk sebuah pembelajaran yang efektif dan terstruktur. 2) Implementasi pembelajaran sejarah nasionalisme Indonesia menunjukan bahwa Guru menggunakan beberapa variasi dalam memanfaatkan metode pembelajaran yang ada. 3) Sikap nasionalisme di kalangan siswa SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang dalam hal kebanggaan menjadi bangsa Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan dan bangga kepada budaya Indonesia, dan menghargai jasa para pahlawan secara keseluruhan sudah tumbuh di kalangan siswa.