Persepsi Siswa Tentang Toleransi dalam Pembelajaran Sejarah SubMateri Indonesia Masa Hindu-Buddha Pada Kelas X SMK Al-Asror Semarang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman dan persepsi siswa tentang toleransi dalam pembelajaran sejarah Indonesia masa Hindu-Buddha serta mendeskripspikan implementasi toleransi dalam kehidupan seharihari oleh siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini terdiri dari dua fokus yaitu persepsi siswa tentang toleransi dan pembelajaran sejarah submateri pokok Indonesia zaman HinduBuddha (Kerajaan Majapahit). Sumber data diperoleh dari informan, kajian dokumen dan observasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Triangulasi merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Adapun model analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini berupa (1) proses pembelajaran sejarah sebatas penyampaian materi tanpa adanya penekanan nilai yang dapat diambil oleh siswa, (2) siswa memiliki persepsi positif tentang pembelajaran sejarah submateri Indonesia masa Hindu-Buddha (Kerajaan Majapahit) dalam menumbuhkan toleransi, (3) siswa menerapkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah baru mencapai tahap penyampaian materi secara operasional, siswa memiliki pandangan yang positif serta mengimplementasikakn toleransi dalam kehidupan sehari-hari.