Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Manusia dan Sejarah Kelas X IPS di MA Al Asror Tahun Pelajaran 2022/2023
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan hasil belajar adalah sebagian hasil yang dicapai. Model pembelajaran discovery learning menekankan pada peserta didik untuk belajar mencari dan menemukan sendiri suatu konsep permasalahan yang ada dalam pembelajaran. Adapun dalam berpikir kritis dapat diterapkan melalui materi pelajaran yang sudah disiapkan. Proses memecahkan masalah diperlukan waktu dan juga melewati tahapan, yaitu pendidik harus mengenali tiap unsur permasalahan dalam materi, sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: mengetahui penerapan model discovery learning pembelajaran dalam materi manusia dan sejarah di MA Al Asror, untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi manusia dan sejarah di MA Al Asror, untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir siswa dalam materi manusia dan sejarah di MA Al Asror. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis yang dilakukan pada uji bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning ditinjau lebih efektif daripada menggunakan metode ceramah. Selain itu, pembelajaran ini digunakan untuk memperhatikan cara berpikir kritis dalam meningkatkan mutu pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: model pembelajaran discovery learning, pembelajaran sejarah, berpikir kritis
Learning activities are a process, while learning outcomes represent the results achieved. The discovery learning model emphasizes students' ability to independently find and understand concepts related to the problems encountered in their learning. Critical thinking skills can be fostered through well-prepared subject matter. The process of problem-solving requires time and involves various stages, during which educators must recognize each element of the problem within the material to ensure optimal results. The objectives of this study are as follows: 1) To examine the application of the discovery learning model in teaching Human and History subjects at MA Al Asror; 2) To assess students' critical thinking skills in the context of Human and History subjects at MA Al Asror; 3) To investigate the impact of the discovery learning model on students' thinking abilities in Human and History subjects at MA Al Asror. The results of the study indicate that, compared to the lecture method, the use of the discovery learning model was found to be more effective. Furthermore, this approach enhances the quality of historical learning by promoting critical thinking skills.
Keywords: discovery learning model, history learning, critical thinking