Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Lokal Ki Gede Sebayu Melalui Platform TikTok
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kabupaten Tegal memiliki cukup banyak peristiwa masa lampau yang bersemayam di dalamnya. Namun sayangnya, kini banyak generasi muda yang belum mengetahui mengenai sejarah lokal yang berada di daerahnya, sehingga nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalam sejarah masih belum tersampaikan secara maksimal. Dalam pembelajaran sejarah, khusunya mengenai Ki Gede Sebayu, erat kaitannya dengan pendidikan karakter, sehingga dengan mempelajari sejarah Ki Gede Sebayu harapannya dapat menyampaikan nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya. Namun, anggapan bahwa belajar sejarah itu membosankan masih sering ditemui di sebagian generasi muda, sehingga hal ini bisa yang kerap menjadi penghambat generasi muda untuk mempelajari sejarah Ki Gede Sebayu. Maka dari itu, Penulis ingin membuat sebuah inovasi pembelajaran sejarah yang lebih menarik. Berdasarkan konteks permasalahan yang dikaji peneliti, penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan serta bersifat eksploratif dan evaluatif. Penelitian eksploratif dilakukan dengan tujuan mengetahui informasi yang lebih jauh dan lebih dalam mengenai sejarah Ki Gede Sebayu yang akan diimplementasikan dalam platform TikTok. Hasil dari inovasi media pembelajaran tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk mempelajari sejarah lokal Ki Gede Sebayu.
Kata kunci: sejarah lokal, pendidikan karakter, platform TikTok
Tegal Regency has a rich history with numerous past events embedded within it. Unfortunately, many young people are currently unaware of the local history in their area. As a result, the valuable lessons and wisdom encompassed in this history are not being optimally conveyed. Learning about history, particularly regarding Ki Gede Sebayu, is closely intertwined with character education. By studying the history of Ki Gede Sebayu, it is hoped that the character values embedded therein can be effectively communicated. However, the notion that studying history is boring remains prevalent among some of the younger generation, thereby hindering their exploration of Ki Gede Sebayu's history. Consequently, the authors aim to introduce a more captivating approach to history education. In accordance with the research problems, this study employs qualitative methods based on a literature review, encompassing exploratory and evaluative aspects. The exploratory research phase was conducted to gather comprehensive and in-depth information about the history of Ki Gede Sebayu, which will be implemented on the TikTok platform. The outcome of this innovative learning media is expected to motivate students to engage with the local history of Ki Gede Sebayu.
Keywords: local history, character education, TikTok platform