Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Larutan Penyangga (Buffer) Kelas XI SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaan learning cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian eksperimen menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil melalui teknik cluster random sampling terpilih kelas MIA 5 dan MIA 6 masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan data untuk hasil belajar dengan model learning cycle 7E melalui tes bentuk objektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik di akhir pertemuan. Analisis dilakukan untuk menghitung reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil analisis korelasi biserial diperoleh bahwa model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,60 dan koefisien determinasi sebesar 36,00%. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa model learning cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 88,89% dan model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok larutan penyangga (buffer).