Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
Abstract
Kimia kurang diminati oleh peserta didik karena materi kimia dianggap sulit dipahami. Kesulitan memahami kimia berdampak pada hasil belajar peserta didik. Model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan penemuan peserta didik sehingga mereka dapat memperoleh kesuksesan belajar lebih optimal dan membangunkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dengan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Edmodo materi Hidrolisis Garam di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Cara yang digunakan dalam teknik penarikan sampel yaitu teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal Multiple Choice untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik berupa soal pretest dan soal posttest sedangkan metode non tes berupa lembar angket motivasi untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi biserial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat berdasarkan nilai korelasi biserial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh sebesar 0,82 dan 0,80 dengan koefisien determinasi sebesar 64% dan 67,24%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Edmodo terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada peserta didik.