Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa yang layak dan efektif. Penelitian ini berupa penelitian research and development (R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model 3D termodifikasi yang meliputi tahapan define, design, development. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi terhadap petunjuk praktikum pada  aspek kelayakan materi, teknik  penyajian, bahasa dan kegrafikan berturut-turut mendapat persentase 92,18%, 93,75%, 91,25% dan 89,58% dengan kategori sangat layak. Petunjuk praktikum dikatakan efektif jika minimal mencapai rerata nilai pada masing-masing aspek penilaian sebesar 2,8 dengan kriteria nilai tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan generik sains siswa mengalami peningkatan dari praktikum pertama ke praktikum kedua pada masing-masing aspek penilaian dengan kriteria tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan data yang telah terkumpul maka dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing sangat layak, efektif, dalam mengembangkan keterampilan generik sains siswa.