Training and Improvement of Financial Management in Mutiara Kids Playschool, Traji Village, Temanggung Regency Bestari Dwi Handayani, Heri Yanto, Ismiyati Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bestari Dwi Handayani
Heri Yanto
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Pendidikan adalah suatu tata cara sistematis untuk memperbaiki tingkah laku seseorang agar proses belajar mengajar berjalan lancar, pengelolaan dan pengelolaan keuangan yang baik digunakan untuk menunjang proses pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Playschool Mutiara Kids Dusun Gamblok Kabupaten Temanggung. Mutiara Kids Playschool perlu memahami pengelolaan keuangan sekolah, pencatatan keuangan yang sudah ketinggalan zaman, dan pengeluaran insidentil berdasarkan kebutuhan. Tantangan lainnya adalah bendahara, dengan bantuan guru, sering melakukan penghitungan berulang-ulang dengan tangan menggunakan kalkulator sambil menyusun laporan keuangan karena uang sebenarnya di mesin kasir dan entri di buku kas berbeda. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra pengabdian dalam pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan sekolah secara komprehensif berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra pengabdian. Tindakan strategis yang dilakukan antara lain penyediaan sumber daya, prosedur pengelolaan keuangan, dan pembuatan laporan keuangan sekolah. Secara umum, para peserta melaporkan kepuasan terhadap kegiatan pengabdian masyarakat, berdasarkan evaluasi wawancara peserta kegiatan. Para peserta sepakat bahwa praktik ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan keuangan sekolah. Peserta juga berharap bahwa kegiatan ini akan bertahan lama, sehingga tidak hanya mendukung pembuatan laporan keuangan tetapi juga inisiatif lain yang meningkatkan upaya akademis.


Education is a systematic procedure to improve one's behaviour to ensure that the teaching and learning process works smoothly, good management and financial management are used to support the educational process. This community service activity was performed in the Mutiara Kids Playschool at the Gamblok Hamlet, Temanggung Regency. The Mutiara Kids Playschool needs to understand school finance management, outdated financial records, and incidental spending based on needs. Another challenge is that the treasurer, with the teacher's help, frequently performs repeated calculations using a calculator while compiling financial reports since real money in the cash register and the cash book entries differ. This community service seeks to give community service partners training and assistance in financial management and the preparation of comprehensive school financial reports based on the issues faced by community service partners. The strategic actions adopted included the provision of resources, financial management procedures, and creating financial reports for schools. In general, the participants reported satisfaction with the community service activities, according to the interview evaluation of the activity participants. The participants agreed that this practice was highly beneficial for managing school finances. Participants also expect that the activities will be long-lasting, resulting not just in support of creating financial reports but also in other initiatives that enhance academic endeavours.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Handayani, B., Yanto, H., & Ismiyati, I. (2024). Training and Improvement of Financial Management in Mutiara Kids Playschool, Traji Village, Temanggung Regency. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 5(2), 34-39. https://doi.org/10.15294/ijde.v5i2.66558

References

Aminudin, Ahmad Sukri Harahap, & M. Nuh Dewi. (2021). Sistem Finansial Pendidikan Di Indonesia (Analisis Tentang Signifikansinya Terhadap pengelolaan Human Capital). Hikmah, 18(2), 119–130.
Arwidayanto, Nina Lamatenggo, & Warni Tune Sumar. (2017). Buku-Manajemen-Keuangan-dan-Pembiayaan-Jilid-I.
Bastian Indra. (2007). Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik (S. H. W. Saat, Ed.; 1st ed.). Erlangga.
Iskandar, (2019). Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan.
Mesiono, & Lubis, R. R. (2021). Manajemen Finansial Pendidikan Di Indonesia (Diskursus Sistem Perpajakan pada Institusi Pendidikan). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(1), 14–27.
P, F. W., Pendidikan, P., & Kajian Teoritis, S. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis Financing of Education: A Theoretical Study.
Pada, D. I., Pendidikan, S., & Achadah, A. (2019). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Konsep Dasar. In Jurnal Pendidikan Ilmiah (Vol. 4, Issue 2).
Rahayu, S., Ludigdo, U., Irianto, G., & Nurkholis. (2015). Budgeting of School Operational Assistance Fund Based on The Value of Gotong Royong. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211, 364–369. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.047
Rusmiati, R., Didi, A., Widyasari, M., & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan.
Sugandi, M., & Jurusan, D. (2011). Pola Pendanaan Penyelenggaraab Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Program Studi Keahlian Teknik Bangunan (Vol. 34, Issue 2).
Wirian, O., Agustina, N., Siahaan, A., Muhammadiyah Sumatera Utara, U., Sumatera Utara, S., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2022). Model-Model Pembiayaan Pendidikan. In Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran (Vol. 1, Issue 1). https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>