Utilizing E-Commerce as An Effort to Increase the Economic Independence of Kopeng Tourism Village Communities Deky Aji Suseno, Sucihatiningsih DWP, Shanty Oktavilia, Phany Ineke Putri, Dafa Afif Pratama Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pandemi Covid-19 sampai dengan tahun 2021 masih berpengaruh bagi perekonomian masyarakat. Sektor pariwisata yang dinilai menimbulkan multiplier effect bagi perekonomian cukup besar turut lumpuh karena pembatasan mobilitas. Desa Wisata menjadi harapan besar bagi mitigasi pandemi, karena menggerakkan perekonomian masyarakat mulai dari wilayah administratif terkecil. Masyarakat desa, didorong untuk mampu mengakselerasi penggunaan teknologi sebagai faktor produksi untuk meningkatkan output /produk. Realita di lapangan menunjukkan bahwa belum semua pelaku usaha dan BUMDes menggunakan e-commerce dalam mempromosikan dan memasarkan hasil usahanya. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini, bertujuan untuk menberikan recharging dan pembekalan teknologi untuk meningkatkan penjualan produk desa wisata melalui e-commerce. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM dan pengelola BUMDes di Desa Kopeng Kecamatan Getasan. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan ceramah, praktik dan pendampingan. Pertama peserta akan diberikan ceramah mengenai e-commerce. Selanjutnya peserta akan praktik memanfaatkan e-commerce. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penggunaan terhadap e-commerce.
The Covid-19 pandemic until 2021 will still affect the community's economy. The tourism sector, which is considered to have a significant multiplier effect on the economy, is also paralyzed due to restrictions on mobility. Tourism villages are a big hope for pandemic mitigation because they move the community's economy from the smallest administrative area. Village communities are encouraged to be able to accelerate the use of technology as a factor of production to increase output/product. The reality in the field shows that not all business actors and BUMDes use e-commerce to promote and market their business results. This community service activity aims to provide recharging and technology supplies to increase sales of tourist village products through e-commerce. The target audience in this activity is SME actors and BUMDes managers in Kopeng Village, Getasan District. The method of community service activities uses lectures, practices and mentoring. First, participants will be given a lecture about e-commerce. Furthermore, participants will practice using e-commerce. The results of community service activities show increased understanding and use of e-commerce.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Bisnis Indonesia (2021). Pengelola Desa Wisata Masih rasakan dampak pandemi Covid-19 https://semarang.bisnis.com/read/20210322/536/1370862/pengelola-desa-wisata-masih-rasakan-dampandemi-covid-19-masih-dirasakan.
BPS Kabupaten Semarang (2020). Kecamatan Getasan dalam Angka 2020.
CNN Indonesia (2021). 1.852 BUMDes Masuk e-Commerce Selama Pandemi Covid-19", https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210929165122-92-701150/1852-bumdes-masuk-e-commerce-selama-pandemi-covid-19
Fauzi, F., Al-Khowarizmi, A.-K., & Muhathir, M. (2020). The e-Business Community Model is Used to Improve Communication Between Businesses by Utilizing Union Principles. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 3(2), 252–257. https://doi.org/10.31289/jite.v3i2.3260.
Febriyantoro, Mohamad Trio, Arisandi, Debby (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean JMD: Jurnal Manajemen Dewantara Vol 1 No 2, Desember 2018.
Hidayat, A. A. N. (2021). Dampak Pandemi, Kadin: Kerugian Sektor Pariwisata Rp 10 T Selama 2020. [Online] (diupdate 11 Januari 2021) Tersedia di: https://bisnis.tempo.co/read/1422053/dampak-pandemi-kadin-kerugian-sektor-pariwisata-rp-10-t-selama-2020/full&view=ok. [diakses pada tanggal 11 Januari 2021]
Kotler, Philip, Kartajaya, Hermawan, Setiawan, Iwan (2017). Marketing 4.0. Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT Gramedia.
Laming, S. (2020). Tren E-Commerce Pada Era Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Humano, 11(2), 55–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v11i2.2323
Pradiani, Theresia (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA Volume 11 Nomor 2 Februari 2017 : 46 - 53.
Puslitbang Aptika dan IKP (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia: Strategi dan Sektor Potensial. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Revindo, Mohamad D. , Syahda Sabrina, M. S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pariwisata Indonesia : Tantangan, Outlook dan Respon Kebijakan. Pusat Kajian Iklim Usaha Dan GVC - LPEM FEB UI, April.
Rosanti, Y., Putra, M. D. T., & Irawan. (2020). Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness , Health , and Safety ( CHS ) dalam Upaya Pemuliha Ekonomi di Kawasan Wisata Samosir sebagai pengembang citra namun mampu memasarkan produk kepada publik . Customer. 1177, 1–12.
Rusmanto (2017). Pengantar Digital Marketing. Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Jakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.
Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata,. The Indonesian Journal of Development Planning, Volume IV(Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Republik Indonesia).
Valerisha, A., & Putra, M. A. (2020). Pandemi Global Covid-19 Dan Problematika Negara-Bangsa: Transparansi Data Sebagai Vaksin Socio-Digital? Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 131–137. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3871.131-137
Wijoyo, Hadion, Cahyono, Yoyok, Arianto, Aris, Wongso, Fery (2020). Digital Economy dan Pemasaran Era New Normal. Sumatera Barat: ICM Publisher.
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179