The Use of Puzzle 3D Puzzle in Therapy Media Fine Motor Skill to Autis Syndrom at Talenta’s Therapy Semarang
Abstract
This research attempts to look using of the puzzle 3D puzzle in media therapy to autis syndrom for development of the fine motor in Talenta’s therapy Semarang. This research in a qualitative methode with the data collection with the observation, interviews and documentation. The analysys research has been concluded that the children autis affect generation of kids able to puzzle 3D puzzle. The insensity of the time it takes is long as children can’t coordinate eyes and hand well. With the media puzzle 3D puzzle could be used to lessen the activity been often held by the autis, as hit, clawing, vlaping, etc. A role that puzzle 3D puzzle this as a media play therapy can be given to the autis in any therapy program to give stimulate fine motor skill autis for child development.References
Andri, Priyatna. 2013. Amazing Autism!. Jogjakarta:Gramedia
Handojo. 2008. Autisma. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Hasdianah. 2013. Autis Pada Anak Pencegahan, Perawatan, dan Pengobatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Karyana Asep dan Hidayat Asep AS. 2013. Bina gerak bagi anak berkebutuhan khusus.Jakarta: PT LUXIMA METRO MEDIA
Koswara, Deded. 2013. PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTIS.Jakarta: PT.LUXIMA METRO MEDIA
Lakshita, Nattaya. 2012. Panduan Simpel Mendidik Anak Autis. Jogjakarta:JAVALITERA
Maulana, Mirza. 2014. Mendidik anak autis dan gangguan mental lain menuju anak cerdas dan sehat. Jogjakarta: Katahati Misbach,Muzamil.“MediaPuzzleâ€,dari://www.economy.jurnal.Blogspot.com/2010/06/media. puzzle.html. 30 Desember 2014
Paul, A Henry. 2008. Konseling Psikotreapi Anak (Panduan Lengkap Memahami Karakter, Perasaan, dan Emosi Anak Disertai Langkah-Langkah Mengatasi Masalah dan Perilaku Negatif Anak). Yogyakarta: Idea Publishing
Priyatna Andri, 2010. Amazing Autism (Memahami, Mengasuh, dan Mendidik Anak Autis).Jakarta: Kompas Gramedia
Pusponegoro D Hardiono dan Solek Purboyo. 2007. Apakah anak kita autis?. Bandung: Trikarsa Multi Media
Racmayana, Dadan. 2013. Diantara Pendidikan Luar Biasa Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta: PT LUXIMA METRO MEDIA
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Setiawan, Tresno. 2012. Efektivitas Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Bagi Cerebal Palsy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/jupekhu). (27-36)
Smart, Aqila.2010. Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kata Hati
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Bambang. Dkk. 2008. MetodePerkembangan Fisik. Jakarta:Universitas Terbuka
Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Trainer,
The Suzie. 2012. PAUD Panduan Praktis Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia
Wikasanti, Esthy SS. 2014. kupas tuntas terapi air untuk anak autis dan cerebal palsy. Jogjakarta:Maxima
Winarno. 2013. AUTISME DAN PERAN PANGAN. Jakarta: PT Gramedia
Yulia Artanti, Prianca. 2012. Studi Deskriptif Terapi Terhadap Penderita Autisme Pada Anak Usia Dini di Mutia Center Kecamatan Bo- jong Kabupaten Purbalingga. Journal of Early Childhood Education Papers. 30 Desember 2014http://anakmandiricenter.blogspot.com/2013/03/jenis-terapi-yang-disarankan-untuk.htmldiakses pada 22 Februari 2015 pukul 15.2