Abstract

Latar Belakang : Kurma ajwa mengandung karbohidrat berupa gula yang dapat digunakan sebagai sumber energi dan mengandung mineral untuk memenuhi kebutuhan elektrolit. Perbedaan konsentrasi kurma ajwa dapat menambah nilai gizi dan daya terima produk minuman olahraga.


Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan acak lengkap dengan 1 unit percobaan, 4x ulangan dan 3 perlakuan yaitu kurma ajwa 5 g, kurma ajwa 10 g, kurma ajwa 15 g. Pengujian kandungan energi menggunakan bomkalorimeter, kadar natrium dan kalium menggunakan metode AAS (Atomic Absorption Spectrofotometry), pH menggunakan pH meter, dan osmolalitas menggunakan Automatic digital micro osmometer roebling. Sedangkan uji daya terima menggunakan skala hedonik. Analisis data kandungan energi, natrium, kalium, pH, dan osmolalitas adalah One Way Anova dan uji Lanjut Duncan. Analisis data organoleptik menggunakan uji Kruskal Wallis dan Mann Whitney.


Hasil : penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok perlakuan F3 (konsentrasi kurma ajwa 15 g) memiliki kandungan energi, natrium, kalium, pH dan osmolalitas tertinggi. Uji organoleptik antar kelompok rasa memiliki perbedaan yang signifikan (p<0.05). minuman olahraga dengan konsentrasi kurma ajwa 15 g.


Kesimpulan : perbedaan konsentrasi kurma ajwa berpengaruh terhadap kandungan gizi dan daya terima