Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Nur Putri Hidayah
Fitria Esfandiari

Abstract

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia saat ini berada diangka 38, naik empat poin sejak 2014 yang berada di angka 34. Namun kenaikan ini masih belum bisa diapresiasi karena IPK di bawah 50 menunjukan Indonesia masih rawan korupsi. Agar pemberantasan korupsi di Indonesia semakin masif dan intensif, maka seluruh elemen masyarakat di Indonesia harus mengambil peran dalam pemberantasan korupsi, tidak terkecuali siswa sekolah dasar. Siswa sekolah dasar dapat mengambil peran melalui penerapan nilai-nilai anti korupsi sebagai upaya membangun integritas diri. Salah satu cara melalui pembelajaran dengan media video mapun poster. Metode ini digunakan karena kondisi pandemi COVID-19 saat ini menyebabkan pertemuan tatap muka tidak mungkin dilakukan. Hasil pengabdian menunjukan bahwa ada peningkatan pemahaman nilai-nilai anti korupsi pada siswa sekolah dasar dan kantin kejujuran dapat dijadikan sarana dan prasarana praktik siswa dalam menerapkan nilai-nilai anti korupsi seperti jujur, bertanggung jawab, disiplin dan adil.

Article Details

How to Cite
Hidayah, Nur, and Fitria Esfandiari. 2022. “Upaya Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) 5 (1), 77-88. https://doi.org/10.15294/jphi.v5i1.53774.
Section
ARTICLE

References

Amelia, Z. &Sinta H. (2016). Perilaku Menyontek Dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Riset Tindakan Indonesi, 1(1), 1–9.
Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya Dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130
Andi Samsu Alam & Ashar Prawitno. (2015). Pengembangan Kapasitas Organisasi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bone. Government:Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 93–104.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6.
Cholidah, F. E. and. (2021). Pendampingan Kelompok PKK Desa Mulyoagung dalam Proses Pemilu Sebagai Upaya Pemenuhan Hak Konstitusional. J-DINAMIKA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1), 70–86. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v6i1.2345
Dj, Y. (2019). TINDAKAN PREVENTIF PEMBERANTASAN KORUPSI. Menara Ilmu, XIII(2), 192–202.
Dwi Kushrahmadi, S. (2007). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan, 14(1), 118–130.
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.
Hidayah, N. P., & Komariah, K. (2019). Peningkatan Kapasitas Kelompok PKK Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang untuk Mengatasi Problematika Hukum Waris Islam. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3). https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.719
Izzah, L. (2019). Menumbuhkan Nilai-Nilai Anti Korupsi Pada Anak Untuk Membentuk Karakter Melalui “ Semai Games .” Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 2(2), 84–95.
Mahmud. (2017). Integrasi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan ANtikorupsi dengan Pembelajaran PPKn dan IPS di Sekolah dasar (Studi di SD Negeri Gedongkiwo Kota Yogyakarta). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Prafitri, G. R., & Damayanti, M. (2016). Kapasitas Kelembagaan Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Ketenger, Banyumas). Jurnal Pengembangan Kota, 4(1), 76. https://doi.org/10.14710/jpk.4.1.76-86
Santoso, L., & Meyrasyawati, D. (2015). Model Strategi Kebudayaan dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Review Politik, 5(2), 22–45.
Sari, D. P. (2020). Kreativitas Pendidikan Karakter di Keluarga pada Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 107–114.
Suhery, Putra, T., & Jasmalinda. (2020). Strategi Peningkatan Kapasitas Petani dalam Komunitas Usaha Tani Jagung (Zea mays L) di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Supriyatna, A., Kembara, M. D., Anas, Z., Tola, B., Hadiana, D., & Warsihna, J. (2017). Pendidikan Antikorupsi. Modul Penguatan Nilai-nilai Antikorupsi pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Tingkat SD/MI Kelas 4-6. Direktorat Pendidikan Dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Bidang Pencegahan KPK, 84.
Suyatmiko, W., & Nicola, A. (2019). Inisiatif Penguatan Lembaga Antikorupsi Indonesia : Komisi Pemberantasan Korupsi 2015-2019. Jakarta: Transparency Intermational Indonesia.