PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM

Main Article Content

Kiki Zuliasanti
Rusdarti Rusdarti
Wijang Sakitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran secara bersama-sama dan parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.938 UKM Mebel di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 UKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh simultan sebesar 73% sedangkan pengaruh secara parsial orientasi pasar sebesar 30,80%, orientasi kewirausahaan sebesar 18,31%, dan inovasi produk sebesar 8,76%. Simpulan penelitian bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk mempengaruhi kinerja pemasaran.

Article Details

How to Cite
Zuliasanti, K., Rusdarti, R., & Sakitri, W. (2020). PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 73-83. https://doi.org/10.15294/baej.v1i1.38937
Section
Articles