Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi

Main Article Content

Cheristiyanto Cheristiyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ilmu sosial SMA Negeri 1 Moga, Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS di SMA Negeri 1 Moga yang berjumlah 273 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 105 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi belajar dan lingkungan sekolah, dan prestasi belajar ekonomi berada dalam kategori baik. Sedangkan hasil uji regresi menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar, baik secara parsial maupun simultan. Besarnya pengaruh variabel tersebut terhadap prestasi belajar sebesar 85,2%. Saran dari penelitian ini, siswa hendaknya mematuhi aturan dan tata tertib yang diterapkan di sekolah, dan percaya dengan kemampuan dirinya sendiri, sehingga mempunyai dorongan dan keinginan yang kuat untuk memperoleh hasil belajar yang terbaik.

Article Details

How to Cite
Cheristiyanto, C. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Business and Accounting Education Journal, 3(2), 219 - 228. https://doi.org/10.15294/baej.v3i2.61923
Section
Articles