PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IBB MAN MAGELANG

  • Afita SAri UNNES Semarang
  • Chevy Kusumah Wardhana UNNES Semarang
  • Andi Moorad Oesman UNNES Semarang

Abstract

Learning achievement is influenced by extern factor and intern factor. Learning independence is one of intern factor what influence learning achievement. Learning independence is an impulse from one’s own to learning accord wittingly by full responsibility without a drag on another people. In grade XI IBB MAN Magelang there are not balance between learning achievement with learning independence, but there are also balance. This research is aimed to know there is influence of learning independence toward Japanese learning achievement and factor what causing influence or not learning independence toward Japanese learning achievement in grade XI IBB MAN Magelang. This research used correlation description analysis method. The result of this research is there is correlation between learning independence with learning achievement 0,381. Learning independence give influence toward Japanese learning achievement 14,5%. From the questionnaire result there are students drag on other friends and less active to learning back the lesson of Japanese.

 

Abstrak

___________________________________________________________________

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar. Kemandirian belajar adalah suatu dorongan dari diri seseorang untuk belajar sesuai dengan kesadaran sendiri dengan penuh tanggung jawab tanpa bergantung pada orang lain. Pada kelas XI IBB MAN Magelang ada yang tidak seimbang antara prestasi dengan kemandirian, ada juga yang seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jepang dan mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan berpengaruh atau tidak kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas XI IBB MAN Magelang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif korelasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,381. Kemandirian belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Jepang sebesar 14,5%. Dari hasil angket masih ada siswa yang masih bergantung kepada teman dan kurang aktif dalam mempelajari kembali materi bahasa Jepang.

 

Published
2018-03-29