ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KEIYOUSHI PADA KARANGAN MAHASISWA SEMESTER III PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (スマラン国立大学の日本語教育プログラムの学生の作文に形容詞を使用することの誤用分析)

  • Rista Mega Meyana Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Keywords: penggunaan keiyoushi

Abstract

Dalam mempelajari bahasa asing sering terjadi kesalahan-kesalahan di dalam penmggunaannya, seperti halnya ketika sedang mempelajari bahasa Jepang. Kesalahan dapat terjadi dalam berbagai aspek misalnya membaca, mendengarkan, berbicara maupun menulis. Di dalam bahasa Jepang terdapat sepuluh kelas kata yang memungkinkan terjadinya kesalahan di dalam penggunaannya. Misalnya pada kelas kata kata sifat. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, selama mempelajari bahasa Jepang, keiyoushi muncul dalam pembelajaran dasar baik wacana maupun pada saat membuat  karangan. Pembelajaran kata sifat ini cukup rumit. Hal ini kadang menimbulkan kesalahan-kesalahan di dalam penggunaannya baik dalam hal pengubahan maupun penggabungannya. Adanya kesulitan di dalam membuat pengubahan maupun penggabungan keiyoushi menjadi hambatan dalam penguasaan bahasa Jepang yang baik dan benar. Penggunaan keiyoushi  pada semester III sudah diajarkan lebih komplek. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti tentang analisis kesalahan penggunaan keiyoushi pada karangan mahasiswa semester III prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kaori, Shimada. (____). Nihongo Gakushuusha No Goyou Bunseki [online] (http://petit.lib.yamaguchi-u.ac.jp/G0000006y2j2/file/18338/20110328161801/C060034000009.pdf)

Khanif, Muhammad. 2010. Cara Mudah Menguasai Bahasa Jepang. Yogyakarta: Indonesia Tera

Nihongo Kyouiku Gakkkai. 2005. Shinpan Nihonggo Kyouiku Jiten. Tokyo: Taishukan Shoten

Puspita, Karina. 2005. Analisis Kesalahan Penggunaan Gramatikal I-keiyoushi dan Na-keiyoushi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia

Rohadi. 2009. Bentuk Ungkapan dari Kata Sifat dan Kata Kerja. Jakarta: Kesaint Blanc

Semita, Muryani. 2009. Mari Belajar Kata Sifat Bahasa Jepang. Jogjakarta: Diva Press

Sutedi, Dedi. 2008. Upaya Untuk Mengatasi Masalah dalam Pembelajaran Sakubun. Makalah [online] (http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR PEND. BAHASA JEPANG 196605071996011-DEDI SUTEDI/Artikel-Makalah(PDF)/13 Temu Alumni IT.pdf.)

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora

Sudjianto & Ahmad Dahigi. 2007. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bekasi Timur: KBI

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Humaniora

Section
Articles