Kelayakan dan Efektivitas Sistem Administrasi Kurikulum Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) di MAN 2 Banjarnegara

  • Makhfud Zakaria Al Ghozali Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sukamta Universitas Negeri Semarang
Keywords: Efektivitas, Kelayakan, Sistem Administrasi Kurikulum

Abstract

Pengelolaan pendidikan merupakan pengaturan kewenangan penyelenggaraan pendidikan suatu negara oleh pemerintah, pemerintah, provinsi, pemerintah kota/daerah, penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat dan satuan pendidikan supaya proses pendidikan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. MAN 2 Banjarnegara sebagai salah satu instansi pendidikan dalam pelaksanaan administrasi kurikulum sudah menggunakan website. Permasalahan yang muncul antara lain menu kurikulum yang tersedia di website sekolah belum mencakup sebagian besar tugas pokok dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, data perangkat pembelajaran yang disetorkan secara perseorangan dirasa belum efektif serta belum adanya sistem yang secara khusus disediakan untuk mengelola administrasi kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sistem administrasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan wakil kepalasekolah bidang kurikulum, mengetahui kelayakan dan efektivitas dari sistem administrasi kurikulum yang dikembangkan di MAN 2 Banjarnegara. Penelitian dilaksanakan dengan menerapkan metode user centered design (UCD). Metode ini merupakan metode yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem administrasi kurikulum yang dikembangkan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, hasil uji kelayakan sistem administrasi kurikulum yang diujikan pada ahli media berdasarkan standar ISO 9126 berada pada kategori sangat layak digunakan dan hasil uji efektivitas  menunjukkan bahwa sistem administrasi kurikulum sudah efektif untuk dapat menghasilkan informasi yang berkualitas karena didukung dengan kualitas sistem dan kualitas pelayanan yang baik.

References

Ali, E. (2016). Metode User Centered Design ( UCD) dalam Membangun Aplikasi Layanan Manajerial di Perguruan Tinggi. Jurnal Sains Dan Teknologi Informasi, 2(2), 1–6. http://jurnal.stmik-amikriau.ac.id/index.php/satin/article/view/177/pdf

Al-Kofahi, M. K., Hassan, H., & Mohamad, R. (2020). Information systems success model: A review of literature. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(8), 397–419.

Andriani, F., Mursityo, Y. T., & Az-Zahra, H. (2019). Perancangan Antarmuka Web Access Dwelling Time Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Perak Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3407-3416. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4942

Apridiansyah, Y., dan Gunawan. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Skripsi Menggunakan Metode User Centered (UCD). JTIS, 2(2), 74–80.

Apriyansyah, Maullidina, I., dan Purnomo, E. P. (2019). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. JAKKP (Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik), 4(1), 10–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31947/jakpp.v4i1.5901

Irwansyah, I. P. (2018). Sistem Informasi Akademik Subsistem Kurikulum Pada Universitas IslamAs- Syafi ’ iyah Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, 7(2), 110–120.

Khasanah, I. U., Fachry, M., Adriani, N. S., Defiani, N., Saputra, Y., Ibrahim, A. (2018). Penerapan Metode User Centered Design dalam Menganalisis User Interface pada Website Universitas Brawijaya. INTEGER: Journal of Information Technology, 3(2), 21-28. https://doi.org/10.31284/j.integer.2018.v3i2.226

Lestari, M., Haryani, E., dan Wahyono, T. (2021). Analisis Kelayakan Sistem Informasi Akademik Universitas Menggunakan PIECES dan TELOS. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2), 373–380. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/jutisi.v7i2.3612

Masluroh, H. (2013). Sistem Online Administrasi Kurikulum Sebagai Solusi Perbaikan Layanan Administrasi. Didaktika, 19(2), 1–10.

Nisak, A. H., Wijoyo, S. H., dan Rachmadi, A. (2020). Analisis dan Perancangan Sistem Administrasi Pembayaran Siswa dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Sukodadi). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10501–10508. https://doi.org/https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6703

Pamungkas, P. D. A. (2018). ISO 9126 Untuk Pengujian Kualitas Aplikasi Perpustakaan Senayan Library Management System (SLiMS). JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2), 465–471.

Pattipeilohy, W. F., dan Sanwani. (2019). Prototipe Sistem CRM Berbasis ECommerce Menggunakan. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 5(1), 111–118.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Published
2022-12-31
How to Cite
Al Ghozali, M., & Sukamta, S. (2022). Kelayakan dan Efektivitas Sistem Administrasi Kurikulum Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) di MAN 2 Banjarnegara. Edu Komputika Journal, 9(2), 134 - 144. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i2.60594